Rabu, 25 November 20

Minggu Depan Tiga Pimpinan MPR Baru akan Dilantik

Minggu Depan Tiga Pimpinan MPR Baru akan Dilantik
* Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, rencananya pekan depan akan dilantik tiga wakil ketua MPR baru. Setelah Undang-Undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3) ini dinyatakan berlaku, karena sudah lebih dari 30 hari dari waktu UU tersebut disahkan.

“DPR akan paripurna hari Selasa. MPR Selasa atau Rabu, sama karena UU MD3 sudah disahkan ya tentunya kami laksanakan,” ujar Zulkifli Hasan di DPR, Kamis (14/3/2018).

Tidak hanya posisi wakil ketua MPR. Jabatan wakil ketua DPR juga akan ditambah satu dan menjadi milik PDI-P. Zulkifli mengatakan, UU ini tidak bisa ditolak meski Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menandatanganinya. Namun, bagi masyarakat yang tidak setuju dipersilakan untuk menggugat di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Jadi sudah berlaku hari ini. Oleh karena itu, satu-satunya cara bagi publik yang tidak setuju bisa menggugat ke MK,” katanya

Mengenai apakah tiga fraksi partai politik yang ada di kompleks parlemen sudah menyerahkan nama calon Wakil Ketua MPR yang baru, Zulkifli menyatakan belum.

“Mungkin satu dua hari ini kan rapat gabungan bisa langsung diserahkan,” ujarnya.

Meski begitu, Ketua Umum PAN ini mengungkapkan sudah mendapat bocoran tiga nama calon Wakil Ketua MPR baru. Para calon ini berasal dari PDI-P, PKB dan Gerindra. “Ada sahabat saya Cak Imin, kawan kita itu yang profesor Pancasila mudah-mudahan Ahmad Basarah, kemudian Gerindra saya kira Ahmad Muzani,” katanya.

DPR telah merevisi UU MD3 untuk menambah kursi pimpinan DPR dan MPR. Pimpinan DPR diperuntukkan untuk PDI-P. Sementara pimpinan MPR akan ditambah untuk PDI-P, Gerindra, dan PKB. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.