Rabu, 25 Mei 22

Miliki Pemandangan ‘Under Water’ Terbaik di Dunia, Rico Ceper Ajak Wisatawan Kunjungi Bunaken

Miliki Pemandangan ‘Under Water’ Terbaik di Dunia, Rico Ceper Ajak Wisatawan Kunjungi Bunaken
* Rico Ceper. (Foto : IG @rico_cepero)

Manado, Obsessionnews.com – Festival Pesona Bunaken 2018 yang digelar pada 19 – 22 Juli 2018 kedatangan tamu istimewa. Dia adalah Rico Ceper. Artis yang juga komedian, dan presenter kondang itu mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan wisatawan mancanegara untuk segera berlibur mengunjungi Bunaken, Manado, Sulawesi Utara (Sulut)s.

“Setelah ke Bunaken ini, yang ada di benak pikiran saya adalah ngapain kita ke luar negeri. Ke Manado saja sudah sangat juara. Indonesia itu tiada bandingannya. Saya bangga sebagai rakyat Indonesia karena negara kita punya semuanya,” tutur Rico yang datang bersama rombongan netizen Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Generasi Pesona Indonesia (GenPi) seperti dikutip Obsessionnews.com dari laman Facebook Kemenpar, Sabtu (21/7/2018).

Pria yang juga penyiar di radio-radio ternama di tanah air tersebut datang sebagai influencer yang cinta Indonesia. Rico mempromosikan keindahan Indonesia berkolaborasi dengan GenPi dan platform media pariwisata GenPi.Co. Pria yang hobi sepak bola itu dibuat puas mengexplore keindahan Bunaken.

Dari belanja di Mall Manado Town Square, menikmati Jembatan Soekarno, Kuliner di Rumah Makan Seroja dan tentu saja snorkling di Bunaken.

“Sungguh Indonesia itu sangat indah. Simak terus calender event di setiap daerah yang di kurasi Kemenpar dan siapkan waktu. Silakan explore tanah air kita dan ngapain juga ke luar negeri,” tandasnya.

Acara puncak Festival Bunaken dilaksanakan pada 22 Juli. Menurut Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, perhelatan yang didukung Kemenpar itu bakal meningkatkan pelestarian budaya dan alam di Pulau Bunaken.

“Festival ini akan mampu menjaga alam dan budaya Manado. Kombinasi tarian dan alam akan terus menjaga atraksi di Manado,” kata Pitana yang juga diamini Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauzi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di berbagai kesempatan selalu menegaskan, bahwa kepada para pelaku industri pariwisata dan pemerintah daerah provinsi/kabupaten dan kota untuk bisa meningkatkan kelas semua acara. Pasalnya hal itu permintaan langsung dari Presiden. “Harus standar dunia, ini bukan permintaan saya ya tapi bapak Presiden Jokowi meminta hal tersebut,” kata Arief.

Ia menambahkan setidaknya sudah naik ke kelas nasional. Hal itu sebagai langkah awal untuk naik ke level internasional.

“Bahasa jelasnya level nasional, agar bisa menggunakan standar global,” ungkapnya.

Arief lantas menjelaskan hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki dalam sebuah acara festival pariwisata.

“Kurator harus sangat kuat, selektif betul-betul kita tampilkan. Kedua, koreografi tari formasi harus kompak. Ketiga, musik aransemen harus diatur, dan keempat busana harus bagus. Ini harus terus diperhatikan oleh berbagai pihak,” ujat mantan Direktur Utama Telkom itu.

Lantas apa saja yang bisa dinikmati di Bunaken? Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut Daniel Mewengkang menjamin wisatawan bakal puas dan akan kembali lagi ke Manado pasca Festival Bunaken 2018. Daniel menjamin bahwa pemandangan under water Bunaken terbaik di dunia. Untuk ke Manado juga sangat gampang dan ia siap memberikan tipsnya.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Manado menggunakan pesawat terbang, jalan ke Pulau Bunaken dari bandara tak begitu jauh. Anda hanya perlu mencapai pelabuhan atau dermaga di Manado untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ke Pulau Bunaken.

Wisatawan dalam jumlah kecil yakni satu atau dua orang, disarankan untuk berangkat dari dermaga Kuala Jengki. Dari Bandara Sam Ratulangi, wisatawan dapat naik angkutan umum ke Terminal Pal 2. Setelah itu dapat menyambung angkutan umun lagi ke Pasar 45. Dari sana, Anda hanya perlu berjalan kaki kurang lebih 15 menit untuk sampai ke dermaga Kuala Jengki.

Perjalanan ke Pulau Bunaken dari Kuala Jengki pun tak jauh. Hanya 45 menit, Anda akan langsung sampai ke salah satu surga menyelam di dunia. Wisatawan hanya perlu naik kapal atau biasa disebut taksi oleh warga lokal. Tarifnya pun tak mahal, hanya Rp 30.000 untuk satu kali jalan menuju ke Pulau Bunaken. Kendati demikian, penumpang harus sabar.

Pasalnya, kapal ini akan jalan, setelah terisi penuh. Sementara itu, jika tak mau repot, maka perjalanan lewat agen wisata dapat dinikmati wisatawan. Banyak agen kini sudah muncul lewat sistem online. Anda dapat memilih kriteria agen perjalanan Anda sendiri untuk sampai di Pulau Bunaken.

Sesampai di Pulau Bunaken, jika lewat agen wisata, tak perlu repot. Sebab, semua fasilitas sudah disediakan, baik untuk penginapan, makan, hingga permainan untuk snorkeling atau diving. Jika Anda backpacker, tentu harus mencari tempat untuk singgah dan lainnya. Jenis tempat penginapan di Pulau Bunaken cukup banyak. Mulai dari rumah penduduk, homestay sampai resor. Masing-masing menawarkan sensasi dan fasilitas berbeda-beda.

Rumah penduduk, lmisalnya, Anda tak perlu bayar mahal. Cukup meminta izin kepada pemilik rumah, dan Anda bisa berbagi biaya memasak untuk makan per harinya. Sementara itu, untuk homestay dan resort, minimal Anda bisa membayar sekitar Rp 200.000 dan Rp 1.000.000. Dengan biaya sebesar itu, fasilitas yang ditawarkan pun berbeda-beda.

Bagi para backpacker, Anda dapat menyewa alat-alat snorkeling dengan harga cukup murah yakni Rp 100.000 per harinya. Sementara itu, untuk diving, para pemilik penyewaan alat-alat punya kisaran harga tersendiri.

Sekadar tips bagi Anda yang hendak berkunjung ke Pulau Bunaken, tempat tersohor ini ramai dikunjungi pada bulan Mei hingga Agustus. Sementara itu, pada bulan Desember hingga Januari, air di laut pasang.Maka, wisatawan disarankan berkunjung di bulan-bulan di luar musim padat kunjungan maupun saat air laut pasang. (arh)

 

Baca Juga:

FOTO Menpar Hadiri Rakor Percepatan Pembangunan Sektor Pariwisata

Jeli Tangkap Peluang Emas, Kemenpar Promosi Wonderful Indonesia di Piala Dunia 2018 Rusia

Jalan Tol Gempol-Pasuruan Untungkan Sektor Pariwisata

NTT Akan Kembali Gelar Parade 1.001 Kuda Sandelwood

Destinasi Wisata NTT Favorit bagi Wisman

Waroeng Kemarang yang Keren Dukung Pariwisata Banyuwangi

Ridwan Hisjam Optimis Sektor Pariwisata Indonesia Terus Meningkat

Hasanah Halal Travel Fair, Upaya BNI Syariah Populerkan Pariwisata Indonesia

Ridwan Hisjam: Pariwisata Malang Berani Bersaing dengan Negara Luar

Best Achiever In Ministry Arief Yahya (Menteri Pariwisata RI)

Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Cilegon Saat Libur Lebaran

Tiap Hari Sekitar 100 Ribu Wisatawan Kunjungi Makam Sunan Ampel

Wisata Bahari Targetkan 4 Juta Wisatawan

5 Tempat Wisata di Hongkong Wajib Diserbu untuk Musim Panas yang Ceria 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.