Minggu, 17 Januari 21

“Messi Penyebab Barcelona Gagal di UCL”

“Messi Penyebab Barcelona Gagal di UCL”
* Louis van Gaal dan Lionel Messi

Barcelona tak lagi mampu memenangi Liga Champions (UCL) sejak 2015 hingga kini. Apa penyebab kegagalan tersebut? Menurut pelatih Barcelona Louis Van Gaal, tak terlalu sulit mencari penyebab kegagalan itu.

Pelatih Barcelona dua periode itu mengatakan, status Messi, yang genap menginjak usia 32 pada hari ini (24/6), sebagai pemain terbaik dunia secara individual malah membuat Barcelona terseok-seok di percaturan Eropa.

Meski Messi mendapat ucapan selamat ulang tahun yang “menyenangkan” dari van Gaal. Namun, ia mengungkapkan bahwa Messi adalah penyebab Barcelona tak lagi mampu memenangi Liga Champions sejak 2015.

“Tidak ada yang lebih penting daripada ’team player’ [pemain yang bisa bekerja sama dalam tim]. Barcelona menderita karenanya,” ujar pria Belanda yang semasa pelatih sangat mengedepankan prinsip kolektivitas itu kepada El Pais.

“Lihat Barcelona. Berapa banyak Liga Champions yang mereka menangkan bersama seseorang yang disebut-sebut sebagai pemain terbaik dunia. Lihat Neymar di PSG. Berapa banyak gelar juara Liga Champions yang dimilikinya?”

“Dia pemain individual terbaik dunia karena statistiknya menakjubkan. Tapi kenapa dia tidak memenangi Liga Champions selama lima tahun?”

“Sebagai kapten, Anda harus bertanya ke diri sendiri kenapa tim Anda gagal di Eropa. Saya kira Messi juga punya andil terhadap pencapaian Barcelona, bukan hanya pelatih.”

“Mereka punya skuad dengan 30 pemain dan saya pikir Messi yang harus beradaptasi dengan tim, bukan sebaliknya.”

Messi saat ini tengah mengemban tugas negara dengan tim nasional Argentina di Copa America 2019. Tim Tango telah lolos ke perempat-final dan akan berhadapan dengan Venezuela, Jumat (28/6). (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.