Jumat, 22 Oktober 21

Meski Moratorium, Jokowi Beri Izin Bangun Gedung Pemerintah

Meski Moratorium, Jokowi Beri Izin Bangun Gedung Pemerintah

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan kebijakan moratorium bagi pembangunan gedung kantor kementerian lembaga.

“Tapi apabila sangat diperlukan dan sangat urgent bisa minta izin kepada Presiden,” ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas di Istana, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Kebijakan moratorium tersebut, menurut Presiden, diberlakukan supaya anggaran bisa lebih diprioritaskan pada program-program yang berdampak langsung pada rakyat.

“Karena pemerintah lebih menekankan pada pembangunan infrastruktur dan program-program yang berdampak langsung pada masyarakat,” katanya.

Jokowi mengatakan penggunaan APBN fokus diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur baik berupa jalan, bendungan, irigasi, jalur kereta api, pelabuhan maupun lainnya.

Moratorium ini juga menunjukkan komitmen pemerintah untuk menggerakkan reformasi birokrasi yang berorientasi pada hasil dibandingkan dengan hal-hal yang prosedural dan administratif.

“Birokrasi harus bisa menggunakan secara optimal sarana dan prasarana yang tersedia untuk mencapai hasil,” ucap Jokowi.

Presiden menggarisbawahi bahwa telah setahun kebijakan moratorium pembangunan sarana dan prasarana dijalankan. Ia telah menerima beberapa usulan untuk pembangunan sarana dan prasarana kementerian/lembaga (K/L).

“Dan pada sore ini saya ingin putuskan mana yang tidak dan mana bisa dilakukan (pembangunan),” lanjut Presiden.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.