Minggu, 23 Januari 22

Meski KPU Undur Pendaftaran, 7 Daerah Tak Akan Penuhi Persyaratan

Meski KPU Undur Pendaftaran, 7 Daerah Tak Akan Penuhi Persyaratan

Jakarta, Obsessionnews – Walau Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka kembali pendaftaran bagi Bakal Calon (Balon) di tujuh daerah yang akan mengikuti Pilkada serentak tahun 2015 ini. Namun, hal itu dianggap bukan solusi bagi para calon kepala daerah yang akan mendaftar nantinya.

Politisi dari PDI Perjuangan (PDIP) Arif Wibowo meyakini, adanya bakal calon tunggal kepala daerah di sejumlah kabupaten dan kota adalah lebih pada situasi politik tertentu, yakni kuatnya satu pasangan calon yang ada.

Dia mengatakan, meski tujuh daerah yang diberikan masa perpanjangan waktu tersebut, semuanya tidak akan bisa memenuhi persyaratan adanya dua calon atau lebih lantaran tidak imbangnya jika dipaksakan untuk berkompetisi.

“Saya meyakini tujuh daerah tidak akan terpenuhi semua meski ada perpanjangan masa pendaftaran,” ujar Arif di Media Center Bawaslu, Jakarta Pusat, Jum’at (7/8/2015).

Arif menambahkan, Peraturan KPU Nomor 12 tahun 2015 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota ini jika pelaksanaan ditunda ke tahun 2017 lantaran masih belum memenuhi persyaratan, maka akan melanggar Undang-Undang.

“Hal tersebut dipandang akan rentan gugatan dan akan mengancam keberlangsungan demokrasi,” pungkasnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.