Selasa, 21 September 21

Meski Bukan Eksportir Minyak, Indonesia Bakal Aktif Lagi di OPEC

Meski Bukan Eksportir Minyak, Indonesia Bakal Aktif Lagi di OPEC

Jakarta, Obsessionnews – Meski Indonesia sudah tidak termasuk negara pengekspor minyak mentah dan nonaktif di organiasi eksportir minyak internasional atau Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) sejak tahun 2009 lalu, rupanya masih berhasrat bergabung dalam paguyuban tersebut.

Dalam pernyataan tertulis yang diterima obsessionnews.com, Menteri ESDM Sudirman Said yang saat ini sedang menghadiri pertemuan 6th International Seminar OPEC yang dilaksanakan di Hofburg, Palace, Vienna, Austria, pada 3-4 Juni, Indonesia, secara resmi menyatakan keinginan untuk kembali aktif dalam OPEC.

Hal tersebut, disampaikan melalui pertemuan dengan Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem el-Badri serta kepada beberapa negara utama anggota OPEC.

“Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada hari Jumat, 5 Juni 2015 untuk membahas rencana Indonesia ini,” kata Sudirman.

Said juga menegaskan, anggota-anggota utama OPEC yang sudah ditemui menyatakan dukungan penuh terhadap keinginan Indonesia bergabung kembali karena merupakan salah satu negara yang berperan besar dalam pendirian organisasi tersebut.

“Aktifnya kembali Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi. Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC,” kata Sudirman.

Dia juga menambahkan, aktifnya Indonesia juga membuka peluang kerjasama dan dukungan dari negara-negara OPEC dalam membangun kedaulatan energi, meski kesempatan dukungan ini sempat tertunda beberapa tahun lantaran pernyataan tidak aktif pada 2009 lalu. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.