Minggu, 24 Oktober 21

Mesir akan Kurangi Impor 25 Persen

Mesir akan Kurangi Impor 25 Persen
* Imam Pambagyo.

Jakarta, Obsessionnews – Pemerintah Mesir akan kurangi impor sebesar 25 persen pada tahun 2016. Hal itu dilakukan sebab terjadi fenomena under invoice yakni murahnya harga produk impor.

Kondisi tersebut juga harus diperhatikan kepada para eksportir nasional, Hal ini diungkapkan Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan International Kementerian Perdagangan, Imam Pambagyo, di Jakarta, Rabu (16/3/2016).

“Para eksportir ke Mesir diwajibkan meregistrasi perusahaannya, terutama perusahaan yang mengekspor 25 komoditas seperti susu, makanan, peralatan tableware glass, dan peralatan rumah tangga,” jelas Imam.

Ketentuan tersebut sudah diatur dalam peraturan No. 43 tahun 2016 yang diterbitkan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Mesir.

“Pemerintah Mesir ingin memerangi peningkatan fenomena undervalue invoice yang mengakibatkan terlalu murahnya harga produk impor. Mesir juga ingin melindungi industri dalam negerinya dari banyaknya barang impor yang tidak memenuhi standar, termasuk produk-produk tiruan yang dijual dengan harga murah,”ujarnya.

Selama tahun 2015, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Mesir mencapai USD 1,2 miliar. Dari jumlah tersebut, total nilai ekspor ke Mesir yang termasuk dalam 25 jenis komoditas yang wajib registrasi di Mesir sebesar USD 25,3 juta dengan volumenya sebesar 10,6 ribu ton.

“Walaupun jumlahnya tidak signifikan, ketentuan yang dikeluarkan Pemerintah Mesir ini hendaknya menjadi perhatian para eksportir Indonesia agar produk-produk yang diekspor tersebut tidak mengalami hambatan,” tutur Iman.

Ia menegaskan, peraturan ini diterbitkan pada 16 Januari 2016 dan akan berlaku dua bulan setelah tanggal penerbitan tersebut. Nantinya, proses registrasi dilakukan di Badan Pengawas Ekspor dan Impor Kementerian Perdagangan Mesir (General Organization for Export and Import Control). (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.