Rabu, 30 September 20

Merpati Putih Open 2019 Padukan Kompetisi, Edukasi dan Entertainment

Merpati Putih Open 2019 Padukan Kompetisi, Edukasi dan Entertainment
* Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 resmi dibuka oleh Ketua Umum Panitia Pelaksana Abdul Kharis Almasyhari di Gedung Olah Raga (GOR) Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (1/5/201. (Foto: dok. pribadi Abdul Kharis Almasyhari)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kejuaraan Pencak Silat Merpati Putih Open 2019 yang memperebutkan Piala Panglima TNI resmi dibuka di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Rabu (1/5/2019). Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Perguruan Pencak Silat (PPS) Bela Diri Tangan Kosong (Betako.

Pembukaan Merpati Putih Open 2019 yang dilakukan Ketua Umum Panitia Pelaksana Abdul Kharis Almasyhari ditandai dengan seremonial pemukulan gong.

Piala Panglima TNI. (Foto: dok. pribadi Abdul Kharis Almasyhari)

Kharis mengatakan, Merpati Open 2019 merupakan kejuaraan silat tingkat nasional yang juga diikuti peserta dari luar negeri.

“Ini merupakan suatu event untuk pembibitan atlet, di samping untuk memupuk persatuan dan persaudaraan antar perguruan silat yang ujungnya adalah untuk pembinaan prestasi demi mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional,” tutur Kharis yang juga Ketua Komisi I DPR RI usai pembukaan MP Open 2019.

Ia menegaskan, event Merpati Putih Open 2019 ini memadukan tiga unsur, yaitu kompetisi, edukasi dan entertainment. Unsur edukasi yang dimasukkan dalam ajang ini yakni dengan menggelar seminar parenting oleh psikolog, ahli olah raga dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan sasaran peserta adalah orang tua, guru dan pelatih.

“Seminar parenting ini dilakukan untuk mengarahkan orang tua bahwa anak-anak yang sehat itu berpeluang lebih tinggi berprestasi dibanding anak yang tidak sehat. Sehingga silat sebagai salah satu cabang bela diri dan olah raga dapat juga membuat anak berprestasi,” tandasnya.

Sedangkan unsur entertainment, lanjutnya, dengan menggelar marching band, reog Ponorogo, sisingaan, silat bercerita, live music oleh grup band. Di samping pencatatan Rekor MURI atas peragaan jurus tunggal oleh seluruh peserta MP Open.

Menurut Kharis, saat ini jumlah peserta Merpati Putih Open tercatat ada 1.615 pesilat dari 26 perguruan silat dari seluruh Indonesia, di samping satu peserta dari perwakilan Singapura. Sementara 15 provinsi yang berpartisipasi di antaranya DKI Jakarta, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DIY, Jabar, Jateng, Jateng, Jambi, Lampung , NTT, Sulsel, Sumsel dan Sumut

Rangkaian kegiatan MerpatI Putih Open 2019 ini telah mulai dilaksanakan pada 27 April. Di mana pada Sabtu 27 April telah dimulai pemasalan, dilanjutkan pada 30 April dengan TM prestasi.

Pada hari ini langsung dilakukan tanding prestasi hingga 2 Mei. Sedangkan pada 3-4 Mei akan dilakukan tanding pemasalan hingga closing ceremony yang juga akan dilaksanakan pada 4 Mei. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.