Minggu, 24 Oktober 21

Meriah Arakan-arakan Kio di Padang

Meriah Arakan-arakan Kio di Padang
* Kapolres Padang Kombes Pol Wisnu Andayana melepas prosesi arak-arakan Kio di Kota Padang, Kamis (5/3)

Padang, Obsessionnews – Perayaan Cap Go Meh 2.566 di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (5/3), berlangsung meriah. Kemeriahan pada saat arak-arakan Kio (Kio Yang Mulia Laoco Hok Tek Tjeng Sin) yang digelar Himpunan Tjinta Teman (HTT) Kota Padang.

Arak-arakan yang dipusatkan di Jalan Kelenteng Pondok, depan markas HTT Kota Padang, itu menyedot perhatian warga dan juga wisatawan. Sepanjang rute yang dilalui, warga yang menyaksikan terlihat antusias.

Arak-arakan  Kio menyedot perhatian masyarakat
Arak-arakan Kio menyedot perhatian masyarakat

Prosesi arak-arakan Kio dilepas oleh Kapolres Padang Komisaris Besar (Kombes) Pol Wisnu Andayana. Pelepasan tersebut disaksikan Tuako HTT Pusat Kota Padang, Feriyanto Gani.

Feriyanto mengatakan, arak-arakan Kio digelar dalam rangka perayaan Cap Go Meh 2.566. Ia berharap dengan kegiatan itu dapat memberikan keamanan dan kesejahteraan bagi warga kota.

“Acara ini rutin kita laksanakan setiap tahun pada perayaan Cap Go Meh,” kata Feriyanto.

Dalam kesempatan yang sama Kombes Pol Wisnu Andayana berharap, kegiatan itu dapat menjadi ajang promosi wisata nasional.

“Kegiatan seperti itu efektif sebagai ajang untuk memperkenalkan kesenian tradisional kepada masyarakat dan wisatawan,” katanya. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.