Rabu, 21 April 21

Merawat Kulit Muka Berminyak

Merawat Kulit Muka Berminyak
* Kulit muka berminyak. (Foto: Ist)

Masalah kulit yang paling sering dialami perempuan maupun pria di masa pubertas adalah jerawat, komedo serta produksi minyak berlebih. Biasanya masalah kulit ini menimpa mereka yang memiliki jenis kulit berminyak.

Maka tak heran jika pemilik kulit berminyak langsung panik ketika di wajahnya muncul satu bintik merah. Mereka langsung membayangkan sulitnya untuk mengatasi jerawat.

Dulu senang, terlebih lagi si pemilik kulit sensitif. Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan kulit atau memilih produk kosmetik.

Jika ragu memilih produk kosmetik yang tepat, Anda dapat menggunakan bahan alami agar lebih aman untuk kulit. Dilansir dari Miss Kyra, berikut campuran bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit berminyak.

Multani mitti dan tetesan lemon
Campurkan multani mitti dan satu sendok teh tetesan lemon. Aplikasikan campurannya pada punggung tangan untuk mengetahui respon kulit.

Jika tidak merasakan iritasi, aplikasikanlah pada wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Mint dan madu
Gunakan campuran mint dan madu untuk mengontrol produksi minyak. Campurkan 2 sendok makan dari masing-masing bahan dan aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Tepung gram dan kunyit
Kunyit sangat kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan kulit. Campurkan 2 sendok makan tepung gram dan sedikit bubuk kunyit.

Aplikasikan campurannya ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 meit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Pemakaian Tabir Surya Sangat Penting Bagi Kulit
Di samping memakai pembersih muka dan pelembap, tabir surya merupakan produk yang harus digunakan sedini mungkin.

Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan pemakaian tabir surya. Padahal jika tidak memakai tabir surya, kulit akan lebih rentan iritasi, mengalami penuaan dini serta kanker.

Hal yang sama dapat terjadi jika pemakaian tabir surya tidak diulang kembali setiap 3-4 jam sekali, sehingga perlindungannya hanya sementara dan mudah luntur.

Terutama, jika Anda mudah berkeringat. Oleh karena itu, kamu harus memastikan perlindungannya tetap optimal dengan memakai tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap 3-4 jam sekali di pagi hingga sore hari.

Agar tidak ragu memakai tabir surya, ketahui manfaat pemakaiannya yang dilansir dari Skincare.com.

Mencegah kanker kulit
Meskipun tidak semua orang mengalaminya, namun paparan sinar UV berdampak sangat buruk bagi kulit. Salah satu dampak terburukya adalah kanker kulit.

Bahkan, yayasan kanker kulit menekankan bahwa kulit dapat terbakar akibat paparan sinar matahari dalam 20 menit.

Sebenarnya, pemakaian tabir surya tidak dapat menghindari kulit dari paparan sinar UV. Namun jika SPF-nya cukup tinggi dan diaplikasikan secara berkala, kamu bisa mencegah dampak buruknya pada kulit.

Melindungi kulit sepanjang hari
Banyak orang yang menganggap bahwa bahaya sinar UV tidak akan menembus kaca atau awan. Namun sebenarnya, yayasan kanker kulit menyatakan bahwa sinar UV tetap bisa menembus awan sebanyak 40 persen.

Sehingga, Anda tetap wajib menggunakan tabir surya sepanjang hari dan mengaplikasikannya kembali setiap 3-4 jam sekali. Bila perlu, gunakan pakaian serta aksesoris untuk melindungi tubuhmu dari bahaya paparan sinar UV. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.