Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Merasa Dihina, RI Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia?

Merasa Dihina, RI Hentikan Kerja Sama Militer dengan Australia?
* Indonesia memutuskan untuk ‘menunda sementara’ kerja sama militer dengan Australia.

Jakarta – Republik Indonesia (RI) memutuskan untuk ‘menunda sementara’ kerja sama militer dengan Australia. “Kerja sama ditunda sementara, mudah-mudahan segera diselesaikan sehingga bisa dilaksanakan kembali,” kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto kepada BBC Indonesia, Rabu (4/1) pagi.

Penyebab penundaan kerjasama militer kedua negara belum sepenuhnya jelas. Namun, berdasarkan laporan Australian Broadcasting Corporation (ABC), insiden bermula ketika pasukan komando Indonesia, Kopassus, sedang berlatih dengan pasukan komando Australia (Special Air Service) di salah satu fasilitas pelatihan militer di Perth.

Salah seorang instruktur Kopassus merasa ada salah satu unsur yang dipajang di fasilitas tersebut, yang menghina Indonesia.

Meski demikian, Mayjen Wuryanto enggan menjelaskan secara rinci mengenai laporan itu. Namun, dia tidak membantah bahwa insiden tersebut merupakan hal yang menyebabkan penundaan kerja sama militer kedua negara.

“Mungkin salah satunya seperti itu, tapi banyak hal-hal terkait yang harus disempurnakan untuk diperbaiki,” kilah Kapuspen TNI.

Menurutnya, penundaan yang berlaku pada pertengahan Desember 2016 itu mencakup kerjasama di segala aspek, termasuk kerjasama teknis serta pelatihan militer antara kedua negara.

Belum diketahui sampai kapan pembekuan kerja sama ini akan dilakukan. “Belum (pasti sampai kapan), mudah-mudahan secepatnya. Koordinasi terus dilaksanakan antara TNI dan Angkatan Bersenjata Australia, tetap ada pembicaraan, ada komunikasi.”

Penghentian kerja sama militer antara Indonesia dan Australia bukan hal yang baru. Sebelumnya, pada November 2013, Kementerian Pertahanan RI menyatakan, Indonesia telah menghentikan setidaknya tiga kerjasama militer dengan Australia, terkait tuduhan penyadapan terhadap sejumlah pejabat penting Indonesia. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.