Sabtu, 20 April 24

Menunggu Ketegasan Sikap Presiden Jokowi tentang Mudik Lebaran 2020

Menunggu Ketegasan Sikap Presiden Jokowi tentang Mudik Lebaran 2020
* Darmaningtyas. (Foto: dok. pribadi)

Dampak lebih buruk lagi adalah petani dan nelayan lumpuh, sehingga akan mengganggu ketahanan pangan nasional. Impor pangan di saat kurs dolar sangat tinggi akan berdampak kenaikan harga pangan, sementara daya beli masyarakat anjlok karena semua usaha sudah tutup.

Untuk itulah ditunggu ketegasan Presiden Jokowi untuk segera membuat keputusan melarang mudik Lebaran 2020 (1441 H). Jangan biarkan masyarakat bersabung nyawa di angkutan umum saat mudik atau di rest area dan jalan raya menghadapi kemungkinan terinfeksi virus korona yang menyebabkan sakit Covid-19. Lebih baik kalau virus korona itu dilokalisir di perkotaan saja yang fasilitas kesehatannya relatif lengkap.

Kebijakan Pemerintah yang membolehkan mudik dengan syarat angkutan umum hanya boleh mengangkut 50% dari kapasitas untuk menjaga jarak antar penumpang, namun tidak disertai dengan pemberian subsidi (membeli layanan angkutan umum) kepada operator, sebaliknya operator dipersilahkan menaikkan tarif, jelas merupakan kebijakan yang tidak manusiawi dan sama sekali tidak mencerminkan sense of crisis yang dialami oleh masyarakat.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.