Sabtu, 1 Oktober 22

Menuju Lokasi Gempa Pidie Jaya, Jokowi Akan Beri Bantuan dan Tinjau Posko

Menuju Lokasi Gempa Pidie Jaya, Jokowi Akan Beri Bantuan dan Tinjau Posko
* Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Provinsi Aceh, Kamis (8/12/2016). (Foto: BPMI/Kris)

Banda Aceh, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Pidie Jaya untuk meninjau penanganan di lapangan termasuk bantuan-bantuan yang akan diberikan kepada para korban bencana gempa bumi.

Presiden bersama rombongan terbatas akan terbang dari pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda Kota Banda Aceh dengan menggunakan Helikopter Super Puma milik TNI AU, Jumat (9/12/2016), pukul 07.30 Wib.

Tiba di Helipad Blang Pasir Sigli, Kabupaten Pidie Jaya, Presiden akan langsung menuju RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli, Jln. Profesor A Madjid Ibrahim. Selain meninjau Jokowi akan memberikan bantuan kepada korban rawat inap.

Presiden akan melanjutkan kegiatannya dengan meninjau Masjid Atta Darut di Trienggageng Pidie Jaya, setelah itu meninjau posko penampungan pengungsi di Merak Dua, Jln. Banda Aceh Medan. Di lokasi ini Presiden akan memberikan santunan kepada ahli waris atau korban meninggal dunia.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga akan meninjau pesantren Mudi Mesra, di Jln. Pesantren, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireun.

Sebelumnya, Presiden menjenguk korban bencana gempa Pidie Jaya di Rumah Sakit dr. Zainoel Abidin di Banda Aceh. Presiden mengatakan penanganan terhadap korban bencana gempa Pidie Jaya sudah sangat baik dan evakuasi korban sudah mencapai 99 persen.

Adapun korban bencana yang mendapatkan perawatan di RS dr Zainoel Abidin berjumlah 23 orang yang sebagian besar mengalami patah tulang.

“Terutama untuk merekonstruksi kembali setelah nanti kita lihat lapangan seperti apa. Yang penting evakuasi penanganan korban di RS sudah ditangani dengan baik,” ucap Presiden.

Dalam rapat koordinasi penanganan bencana gempa bumi di Pidie Jaya dan sekitarnya, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki melaporkan jumlah korban meninggal sebanyak 102 orang dan 1 hilang, 136 luka berat, 616 luka ringan, dan 10.029 mengungsi tersebar di 28 penampungan di tiga kabupaten.

Bencana yang terjadi memberikan dampak di tiga kabupaten yakni Pidie Jaya, Bireuen, dan Pidie. Di Pidie Jaya kerugian material sebanyak 105 unit ruko roboh, 12.560 unit rumah rusak ringan hingga berat, 49 unit masjid roboh, 1 RSUD Pidie rusak berat, beberapa ruas jalan rusak, dan tiang listrik roboh.

Sementara di Kabupaten Bireuen sebanyak 41 rumah rusak ringan hingga berat, satu masjid rusak berat, satu bangunan sekolah rusak, dan satu kilang padi rusak berat. Sedangkan di Kabupaten Pidie sebanyak 40 rumah rusak berat. (Has)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.