Sabtu, 20 April 24

Menteri Yaqut: Kemerdekaan adalah Hak Mendasar, Sehingga Harus Dijamin dan Dijaga

Menteri Yaqut: Kemerdekaan adalah Hak Mendasar, Sehingga Harus Dijamin dan Dijaga
* Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, obsessionnews.com –  Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76  Kemerdekaan pada 17 Agustus 2021. HUT tahun ini digelar masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Baca juga:

Meski Penuh Tantangan, Pekerja Pertamina RU IV Cilacap Rayakan HUT RI

Jelang HUT RI, Daop 1 Jakarta Beri Diskon Kirim Barang Lewat Rail Express

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, kemerdekaan adalah hak mendasar, sehingga harus dijamin dan dijaga.

“Kemerdekaan adalah hak mendasar bagi setiap manusia. Kemerdekaan harus dijamin dalam hidup kemasyarakatan, terutama dalam hidup berbangsa dan bernegara,” tegas Yaqut di Jakarta dalam keterangan tertulisnya,, Senin (16/8/2021).

Menurutnya, kemerdekaan harus ditopang dengan perasaan senasib sepenanggungan dan persamaan hak. Suasana pandemi menjadi momentum untuk lebih mengeratkan persaudaraan, merawat kerukunan, dan saling berjabat erat mencari titik temu persamaan dalam membangun bangsa. Peran tokoh agama sangat penting dalam menjaga persatuan, kesatuan, dan kohesi umat.

“Negeri ini semakin dewasa, bergerak maju untuk menjadi bangsa yang terus tumbuh dan semakin tangguh. Pandemi yang saat ini mendera, mengajarkan kita tentang pentingnya perasaan senasib dan persamaan hak, serta penguatan solidaritas dan gotong royong dalam mengatasinya,” terangnya.

Yaqut mengajak masyarakat untuk bersama-sama, bahu-membahu memberikan kontribusi terbaiknya, dalam penanganan pandemi, termasuk dengan menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M. Dia juga mengajak masyarakat untuk terus berdoa, agar pandemi segera tertangani. Aamiin.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Allahu Akbar. Merdeka!” pekiknya. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.