Minggu, 24 Oktober 21

Menteri Susi Sayangkan Sikap Intervensi Pemerintah Tiongkok

Menteri Susi Sayangkan Sikap Intervensi Pemerintah Tiongkok

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyayangkan sikap pemerintah Tiongkok yang mengintervensi penegakan hukum Indonesia terkait kapal pelaku Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing berbendera Tiongkok, KM Kway Fey 10078.

“Tadi saya bicara kepada wakil Dubes Cina (Tiongkok). Kami merasa diintervensi upaya penegakan hukumnya. Seharusnya, pemerintah Cina tidak mengintervensi upaya Indonesia dalam memerangi IUU Fishing,” tegas Menteri Susi di kantor KKP Jakarta, Selasa (21/3/2016).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait upaya-upaya diplomatik yang perlu dilakukan, termasuk melayangkan nota protes kepada pemerintah Tiongkok.

Alasan KM Kway Fey dengan menyebut perairan Natuna di sekitar wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia sebagai wilayah historical traditional fishing ground milik Tiongkok dinilai tidak benar. Hal tersebut hanyalah klaim sepihak dari pemerintah Tiongkok, dan istilah itu tidak diakui oleh United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS). (Aprilia Rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.