Selasa, 22 September 20

Menteri Susi Jadikan 10 Kapal Terbesar Pencuri Ikan Sebagai Museum

Menteri Susi Jadikan 10 Kapal Terbesar Pencuri Ikan Sebagai Museum
* Menteri Susi Pudjiastuti.

Jakarta, Obsessionnews.com РMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berencana menjadikan 10 kapal terbesar pencuri ikan milik asing sebagai museum. Salah satu kapal asing yang akan dipamerkan adalah kapal Silver Sea 2 milik Thailand yang beratnya 2.285 Gross Ton (GT). Susi ingin masyarakat tahu bagaimana banyak pencuri ikan di perairan Indonesia.

“Ini buat menjadi bukti, karena nanti ada yang bilang menteri Susi ini bohong (ada kapal asing mengeruk ikan di perairan Indonesia). Jadi terbuka seluruh mata (masyarakat) Indonesia bagaimana kapal besar itu menggaruk dan membawa pergi sumber daya perikanan kita,” kata Susi, di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2017).

Selama ini Susi selalu mengambil langkah tegas dengan menenggelamkan kapal asing. Namun kali ini ia memilih menjadikan sebagai kapal yang ditangkap Pemerintah Indonesia untuk dijadikan museum.

“10 kapal mewakili berbagai negara itu supaya ada bukti, nanti kalau semua (kapal) ditenggelamin enggak ada bukti, nanti dikira Menteri dan Satgas 115 itu bohong-bohong saja,” kata Susi.

Selama 3 tahun terakhir, Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla gencar memerangi Illegal, Unreported and Unregulated ( IUU ) Fishing. Susi yang berperan menjadi “komandan perang” sudah menenggelamkan 317 kapal pelaku IUU Fishing.

Kebijakan itu sesuai dengan amanat Undang-undang 45 Tahun 2009 tentang Perikanan. Kapal-kapal yang ditenggelamkan berasal dari berbagi negara, mulai dari China, Vietnam, Filipina, hingga Malaysia. Penenggelaman tersebut dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.