Sabtu, 27 November 21

Menteri Susi Himbau Gubernur Steril Area

Menteri Susi Himbau Gubernur Steril Area

Jakarta, Obsessionnews – Tanggal 5 September mendatang, Indonesia akan menggelar pesta Sail terbesar kembali “Sail Tomini & Festival Boalemo 2015” yang akan digelar di Sulawesi Tengah dan Gorontalo. Penyelenggaraan Sail Tomini kali ini akan menghadirkan 100 yacher (Rally Kapal Layar) dari berbagai negara yang akan turut seta berpatisipasi memeriahkan acara ini seperti sailing pass.

“Sail Tomini tidak hanya membangun bidang kelautan di Sulawesi Tengah, tetapi juga bagi daerah di sekitar teluk Tomini seperti Gorontalo dan Sulawesi Utara, sehingga member manfaat ekonomibagi masyarakat pesrisir dan pulau-pulau kecil serta menginspirasi pemerintah dan masyarakat lainnya untuk meningkatkan perekomonian daerahnya melalui bidang kelautan secara berkelanjutan,” kata keterangan resmi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, saat launching Sail Tomini 2015 di Kuningan, Jakarta (5/5/2015).

Indonesia telah sukses mengadakan Sail ditahun sebelumnya, ada Sail Bunaken di tahun 2009, Sail Banda 2010, Sail Wakatobi-Belitung 2011, Sail Morotai 2013, Sail Komodo 2013 dan yang terakhir Sail Raja Ampat di tahun 2014.

Dalam pencapain yang maksimal acara Sail ini, Menteri Susi yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Pelaksanan Tingkat Pusat Sail Tomini 2015 ini meminta kepada Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Utara, dan Gubernur Gorontalo untuk mengendalikan, dan menghentikan aktifitas yang merusak lingkungan di kawasan Teluk Tomini dan sekitarnya, serta melakukan pemulihan terhadap lingkungan dan sumberdaya kelautan yang telah rusak di Teluk Tomini denganmelibatkan masyarakat dan pengusaha.

menteri susi Sail T

Seperti diketahui, Menteri Susi yang tangguh ini ingin mengajak stakeholders untuk memfokuskan ekonomi berbasis kelautan (ocean based resource), dan memanfaatkan fungsi laut secara bijaksana, sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dalam era pasar bebas masyarakat ASEAN (MEA) 2015, percepatan pembangunan kelautan akan diarahkan kepada sector perikanan, wisata bahari, perhubungan laut, energy sumberdaya mineral non migas, industry kelautan dan jasa keuangan. Maka dari itu, bidang kelautan harus dikelola dengan baik karena diprediksi dapat menyumbangdevisa negara dalam jumlah yang cukup besar,” harapnya. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.