Jumat, 3 Februari 23

Menteri PANRB: Tidak Musimnya Lagi Pelayanan Lama

Menteri PANRB: Tidak Musimnya Lagi Pelayanan Lama
* Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Humas Kemen PAN-RB)

Obsessionnews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa saat ini bukan lagi zamannya pelayanan lama, melainkan harus cepat dan mudah. Masyarakat harus dilayani dengan baik dan tidak berbelit.

“Pelayanan publik kedepan harus mudah, sudah tidak musim pelayanan lama. Bapak Presiden berpesan bahwa reformasi birokrasi bukan sekadar tumpukan kertas namun dampaknya harus bisa dirasakan oleh masyarakat,” katanya saat peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Setara Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (18/10).

Menurutnya pelayanan yang cepat telah dilakukan dibanyak daerah melalui pembangunan MPP, termasuk yang dimiliki Kabupaten Barito Kuala. Ia mengapreasiasi langkah Barito Kuala dalam memberikan kemudahan pelayanan perizinan dan non-perizinan bagi masyarakat.

Menurut Menteri Azwar Anas, diperlukan komitmen kuat dari pimpinan hingga level bawah untuk menyelenggarakan pelayanan yang mudah dan cepat. Sebelumnya, telah dilakukan penandatanganan komitmen pembangunan MPP di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dengan disaksikan Menteri PANRB dan Gubernur Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut disampaikan MPP tidak hanya sebagai tempat berbagai layanan bergabung namun kedepan yang perlu diperhatikan adalah integrasi antar layanan yang ada di gedung tersebut. Nantinya MPP juga harus dapat bertransformasi ke digital sehingga masyarakat tidak perlu hadir langsung untuk memperoleh pelayanan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Barito Kuala Noormiliyani AS menyampaikan bahwa kehadiran Menteri PANRB yang merupakan pembina pelayanan publik menjadi penyemangat ASN dalam melayani masyarakat. Komitmen kuat para perangkat daerah menjadi bagian penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Kami selalu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terutama yang menjadi hajat orang banyak. Untuk memastikan pelayanan publik, kita telah membentuk satgas dengan tugas melakukan monitoring dan evaluasi, peningkatan kompetensi petugas serta pengelolaan pengaduan,” ucapnya diterima redaksi melalui humas Kementerian PANRB pada Rabu (19/10).

Menteri Anas menegaskan bahwa dengan kehadiran MPP menjadi bukti komitmen kuat pemda dalam perbaikan pelayanan publik. Selain meningkatkan kualitas pelayanan, hadirnya MPP Setara Barito Kuala akan berdampak pada peningkatan investasi daerah.

MPP Setara Kab. Barito Kuala merupakan MPP ke-74 yang berdiri di Indonesia dan yang ke-4 di Provinsi Kalimantan Selatan. MPP di Bumi Selidah ini menyediakan 158 jenis layanan dari 17 instansi pemerintahan, swasta, dan BUMN/BUMD yang bergabung di dalamnya.

MPP ini berlokasi di Jl. AES Nasution, Kelurahan Marabahan Kota, Kecamatan Marabahan, Barito Kuala. Masyarakat dapat berkunjung untuk mengurus layanan perizinan dan non-perizinan setiap Senin-Kamis pukul 08.00-15.30 WITA, dan hari Jumat pukul 08.00-11.00 WITA. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.