Minggu, 4 Desember 22

Menteri PANRB Apresiasi Inovasi MPP Kota Pasuruan

Menteri PANRB Apresiasi Inovasi MPP Kota Pasuruan
* Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas tinjau pelayanan publik Kota Pasuruan. (Foto: Humas Kemen PAN-RB)

Obsessionnews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi inovasi dan komitmen nyata Pemkot Pasuruan dalam menghadirkan pelayanan prima kepada masyarakat melalui penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP). Meskipun belum diluncurkan secara resmi, layanan yang disuguhkan oleh MPP Kota Pasuruan dinilai sudah sangat beragam.

“Senang menyaksikan MPP di Kota Pasuruan. Meskipun belum diresmikan, layanannya telah berjalan dengan baik,” ujar Menteri Anas usai peninjauan layanan MPP Kota Pasuruan, di Kota Pasuruan, Rabu (05/10).

Pada kesempatan tersebut, Menteri Anas juga berbincang dengan pengunjung MPP Kota Pasuruan. “Saya melihat progresivitas kualitas pelayanan publik di Kota Pasuruan. Tadi juga tanya ke warga yang mengurus dokumen, semuanya puas dengan pelayanan yang diberikan. Kami mengapresiasi Wali Kota Pasuruan Pak Saifullah Yusuf dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih baik,” imbuh Anas.

Azwar Anas menilai ada proses yang alami dalam upaya percepatan reformasi pelayanan publik di Kota Pasuruan. Ia menyaksikan adanya fasilitas seperti meja dan kursi yang berbeda-beda karena berasal dari kantor di mana induk pelayanan tersebut berada.

Hal ini menandakan bahwa sarana dan gedung yang ada di MPP tidak harus baru, namun yang paling utama adalah sistem yang terintegrasi. “Ini menunjukkan bahwa fasilitas itu nomor dua, yang penting sistem, yang penting fungsi, yang terpenting dampak positifnya ke masyarakat. Itu luar biasa,” imbuhnya.

MPP yang berlokasi di Jalan Wachid Hasyim, Kebonsari, Kec. Purworejo, Kota Pasuruan tersebut pun dipandang strategis dan mudah diakses oleh masyarakat karena terletak di pusat kota. Terlebih letaknya yang dekat dengan tempat ibadah. “Jadi orang bisa ke masjid. Berkasnya ditinggalin atau orangnya bisa mengurus sambil jalan-jalan olahraga di alun-alun,” tambah Anas.

Peninjauan layanan di MPP Kota Pasuruan juga dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf dan Wakil Wali Kota Adi Wibowo. Keduanya mendampingi Menteri PANRB berkeliling untuk melihat pelayanan yang diberikan.

Kota Pasuruan sendiri memiliki posisi strategis secara ekonomi, karena wilayahnya berada pada jalur utama transportasi dan perdagangan yang menghubungkan daerah Surabaya dan Bali. Oleh karena itu MPP Kota Pasuruan diharapkan akan menjadi role model bagi pengembangan MPP di tengah kota. Acungan jempol pun diberikan bagi Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf yang mampu mendorong para OPD untuk bersinergi dalam penyederhanaan proses dan prosedur serta integrasi sistem layanan melalui MPP.

“Selamat kepada Gus Ipul karena ini akan menjadi legacy sekaligus menjadi bukti negara hadir di tengah masyarakat dengan adanya MPP ini,” pungkas Menteri Anas. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.