Selasa, 18 Januari 22

Menteri LHK Sambut Baik Kembangkan Suaka Alam di Sumbar

Sumatera Barat, Obsessionnews.com – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menyambut baik adanya rencana membangun Suaka Alam di berbagai daerah, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu, sebagai bagian dari kegiatan konservasi yang penting, sebab Suaka Alam bertujuan untuk melindungi flora dan fauna.
“Saya menyambut baik untuk kita mengembangkan Suaka Alam di Sumatera Barat,” ujar Siti dalam pidatonya pada acara peresmian Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera di Dharmasraya (PRHSD) di Dharmasraya, Sumatera Barat, Sabtu (29/7/2017).
Indonesia pada awalnya memiliki 3 spesies Harimau, namun saat ini dua spesies Harimau telah dinyatakan punah yaitu Harimau Bali (tahun 1940-an) dan Harimau Jawa (tahun 1980-an). Saat ini hanya tersisa Harimau Sumatera yang populasinya di alam sesuai kajian terbaru diperkirakan sekitar 600 ekor.
Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan satwa dilindungi yang populasinya di alam terancam punah. Pemerintah telah menetapkan Harimau Sumatera termasuk jenis yang perlu ditingkatkan populasinya. Harimau adalah simbol kelestarian ekosistem dan keberadaannya hanya dimungkinkan jika hutan dan lingkungan sebagai habitat masih terjaga. Harimau memiliki daya jelajah yang luas hingga 300 km2.
Acara peresmian PRHSD ini juga bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), Badan Khusus PBB mengenai Program Lingkungan.
Tema tahun 2017 adalah “Connecting People with Nature” kemudian diterjemahkan menjadi “Menyatu dengan Alam”, dengan tujuan untuk membangkitkan masyarakat dalam meningkatkan global dalam menyelamatkan alam, flora dan fauna.
“Mari kita lestarikan alam kita, mari kita lestarikan satwa-satwa kita,” ajak Siti. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.