Rabu, 29 September 21

Menteri KIB ‘Turun Gunung’ Awasi Penyaluran BLSM

Menteri KIB ‘Turun Gunung’ Awasi Penyaluran BLSM

Rapiudin
Jakarta– Hari ini, pemerintah mulai menyalurkan dana kompensasi kenakan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk keluarga miskin. Tak  hanya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) juga ‘turun gunung’  mengawasi dan memantau langsung penyaluran dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang dibagikan di sejumlah yang  telah ditentukan pemerintah.

Memang belum seluruh wilayah di Indonesia mendapatkan dana kompensasi BBM yang warganya telah terdata. Hari ini ada 14 kota yang menjadi lokasi penyaluran BLSM, yakni Jakarta, Medan, Palembang, Surabaya, Ambon, Yogyakarta, Semarang, Denpasarm Banjarmasin, Makassar, Bandung, Jayapura, Solo, dan Malang.

Mulai 25 Juni 2013 penyaluran dilaksanakan di 34 provinsi, dan mulai 1 juli 2013 untuk seluruh kabupaten, kotamadya, dan kecamatan.

Presiden SBY  mengawasi penyaluran BLSM yang dikelola PT Pos Indonesia dengan mengunjungi Kantor Pos di Jalan IR. H. Juanda Nomor. 5  Bogor, Sabtu (22/6). Sementara, Wapres Boediono baru akan turun memantau penyaluran  BLSM di Malang pada Senin, 24 Juni 2013.

Selain Presiden SBY, hari ini sejumlah menteri juga  mengawasi dan memantau langsung penyaluran BLSM di sejumlah tempat.  Menko Kesra Agung Laksono  memantau di Kantor Pos di Jalan Matraman Raya Nomor 222 Jatinegara Jakarta Timur,  Menko Perekonomian Hatta Rajasa memantau di Kantor Pos di Jalan Kapt. Piere Tendean Nomor 43 Mampang Jakarta Selatan,   Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengunjungi kantor pos di Jalan Daan Mogot Nomor 20,  Jakarta Barat, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo memantau di Kantor Pos Cabang Cengkareng, Jakarta Barat, dan Menteri Agama Suryadharma Ali memantau di Kantor Pos Cabang Pekayom di Jalan Raya Bogor Km. 27 Jakarta Timur.

Sementara itu, beberapa menteri memantau penyaluran BLSM di luar area Jakarta antara lain Menteri ESDM Jero Wacik di Bali, Menpora Roy Suryo di Yogyakarta, Menristek Gusti M. Hatta di Banjarmasin, Mendikbud M.Nuh di Surabaya, Menakertrans di Palembang, Menteri Pertahanan di Semarang, dan Menkominfo Tifatul Sembiring di Medan.

Sedangkan, Menteri Sosial Salim Segaf memantau penyaluran BLSM di Makassar, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya di Jayapura, Menteri BUMN Dahlan Iskan di Solo, dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmi Faisal Zaini di Ambon. Keempat menteri ini akan memantau penyaluran BLSM pada Senin, 24 Juni 2013.  Sementara itu,  Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida S. Alisjahbana memantau penyaluran BLSM di Bandung pada 3 Juli 2013.

Soal keterlibatan menteri-menteri memantau langsung penyaluran BLSM, Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, semua menteri menurutnya tanpa terkecuali mendapatkan jatah pemantauan langsung penyaluran  BLSM. Nantinya, hasil pemantauan tersebut akan dievaluasi di dalam sidang kabinet.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.