Selasa, 24 November 20

Menteri Kesehatan Inggris Terjangkit Virus Corona

Menteri Kesehatan Inggris Terjangkit Virus Corona
* Nadine Dorries

Wakil Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries, mengaku dirinya teruji positif terjangkit virus corona baru. “Saya bisa mengonfirmasi saya telah dites positif virus corona,” kata perempuan yang menangani bidang kesehatan mental, perawatan ibu, dan pencegahan bunuh diri itu.

Belum diketahui siapa orang yang menularkan virus tersebut ke Dorries. “Kesehatan Publik Inggris telah mulai pelacakan kontak secara rinci, dan departemen tersebut dan kantor saya mengikuti arahan mereka,” ujar Dorries seperti dilansir BBC News Indonesia, Rabu (11/3/2020).

Dorries, yang juga menjabat sebagai anggota parlemen Inggris dari Partai Konservatif, mengatakan dirinya telah mengambil semua langkah anjuran setelah mengetahui fakta tersebut dan sejak saat itu mengisolasi diri di rumah.

Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, merilis cuitan yang menyebut Dorries telah “melakukan hal benar” dengan mengisolasi diri di rumah. Hancock berharap Dorries dalam keadaan baik selagi dalam tahap pemulihan.

“Saya paham mengapa masyarakat khawatir terhadap penyakit ini. Kami akan segala yang kami bisa untuk memastikan masyarakat aman berdasarkan sains terbaik.”

Sepekan terakhir, Dorries diketahui menghadiri acara resepsi bersama Perdana Menteri Boris Johnson dan berkontak dengan ratusan orang di parlemen Inggris.

Peristiwa ini terjadi ketika orang keenam di Inggris meninggal dunia akibat virus corona. Secara keseluruhan, terdapat 382 kasus positif corona di negara itu. Dari jumlah itu, sebanyak 91 kasus di antaranya ada di London.

Dorries bukan satu-satunya wakil menteri kesehatan di dunia yang terjangkit virus corona. Pada akhir Februari lalu, Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harirchi, mengaku positif terinfeksi virus corona.

Tes positif Harirchi untuk Covid-19 diumumkan sehari setelah dia ikut serta dalam konferensi pers, di mana dia sesekali batuk dan tampak berkeringat.

Asingkan Diri
Wakil Menteri kesehatan Inggris Nadine Dorries dinyatakan positif mengidap coronavirus dan seorang anggota stafnya sakit.

Dorries mengasingkan diri di rumah dan telah meminta sesama anggota parlemen untuk menghubungi jika mereka baru-baru ini melakukan kontak dengannya, demikian Sky News.

Dia adalah anggota parlemen pertama di Inggris yang didiagnosis dengan COVID-19, karena virusnya menyebar lebih jauh pada hari Selasa (10/3).

Buruh Rachael Maskell mengungkapkan dia telah disarankan oleh saluran bantuan NHS 111 untuk melakukan isolasi diri setelah pertemuan dengan Ms Dorries Kamis lalu, meskipun dia tidak menunjukkan gejala COVID-19.

Dia mengatakan kepada Sky News bahwa dia akan melanjutkan pekerjaannya sebagai anggota parlemen dengan mengadakan pertemuan melalui telepon, menambahkan: “Ini akan menjadi norma selama beberapa minggu dan hari mendatang karena kita melihat lebih banyak orang didiagnosis dengan virus corona.”

Maskell menyarankan Perdana Menteri Boris Johnson – yang berada di acara Downing Street dengan Ms Dorries minggu lalu – juga harus mencari nasihat NHS.

“Semua orang harus mengambil nasihat dari Public Health England dan karena itu saya percaya perdana menteri juga telah menghubungi NHS 111,” tambahnya.

“Tidak ada yang istimewa dari dia, dia orang lain dan seperti kita semua, dia bisa menyebarkan virus ini.

“Karena itu dia harus mengambil nasihat kesehatan masyarakat itu dengan cara yang sama seperti aku telah mengambil nasihat kesehatan masyarakat.”

Sumber-sumber Downing Street tidak segera mengatakan apakah perdana menteri telah menghubungi NHS 111.

Johnson berharap Dorries “pemulihan cepat” selama pertemuan kabinet pada Rabu pagi, kata Downing Street.

Dorries, menteri yang bertanggung jawab atas keselamatan pasien, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan dan telah melakukan isolasi sendiri di rumah” sejak diberitahu bahwa dia telah dites positif.

“Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE) telah mulai melacak kontak secara terperinci dan departemen serta kantor parlemen saya dengan erat mengikuti saran mereka,” katanya.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada PHE dan staf NHS yang luar biasa yang telah memberi saya saran dan dukungan.”

Dia menambahkan dalam sebuah tweet: “Ini benar-benar sampah, tetapi saya harap saya sudah mengatasi yang terburuk sekarang. Lebih mengkhawatirkan ibu saya yang tinggal bersama saya dan mulai dengan batuk hari ini. Dia sedang diuji besok.”

Dorries juga mengirim pesan pada grup WhatsApp untuk anggota parlemen Tory untuk meminta mereka menghubungi mereka jika mereka melakukan kontak dengannya.

MP pertama kali menunjukkan gejala pada hari Kamis – hari yang sama ia menghadiri acara Downing Street yang diselenggarakan oleh Mr Johnson untuk menandai Hari Perempuan Internasional, menurut juru bicara departemen kesehatan.

Nomor 10 tidak berkomentar apakah perdana menteri telah menjalani pengujian untuk virus corona atau apakah dia sekarang akan diuji.

Dorries telah memilih dua kali di House of Commons dalam seminggu terakhir, menurut catatan parlemen – kemungkinan berarti dia telah melakukan kontak dekat dengan ratusan anggota parlemen.

Dia juga berbicara dalam debat tentang kelainan makan di Westminster Hall, di kawasan parlemen, Kamis lalu. Namun, saat ini tidak ada rencana untuk menunda parlemen.

Pria berusia 62 tahun itu juga bertemu orang-orang di sebuah operasi pemilihan di Bedfordshire pada hari Sabtu. (BBC News/Sky News)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.