Kamis, 2 Desember 21

Menteri ESDM: Kita Bakal Jadi Importir BBM Terbesar di Dunia

Menteri ESDM: Kita Bakal Jadi  Importir BBM Terbesar di Dunia

JAKARTA – Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, merasa miris, lantaran Indonesia sudah menjadi importir BBM nomor 2 terbesar didunia. Bahkan, sejalan dengan waktu dipastikan akan menjadi yang terbesar didunia.

“Impor kita saat ini nomor 2 terbesar didunia, sebentar lagi akan menjadi nomor 1 di dunia dan ini engga lama, karena yang selisih dengan yang pertama tipis sekali,” ujar Sudirman Said, Jum’at (17/4), seperti dilansir laman ESDM.

Sejak tahun 2008 Indonesia menjadi net importir dan saat ini 60 persen kebutuhan BBM dalam negeri dipenuhi melalui impor dari negara lain akibat tingginya konsumsi yang tidak dibarengi dengan produksi yang ada. Indonesia akan terus menjadi net importir jika tidak dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Salah satu kiat yang dilakukan Pemerintah untuk mengurangi volume BBM impor adalah dengan mendiversifikasi BBM dengan kebijakan mandatori BBN, dengan kewajiban mandatori ini ketergantungan impor akan dihemat dan kebutuhan nasional akan semakin bertumpu pada kemampuan sendiri dalam menghasilkan bahan bakar.

Pemanfaatan energi baru terbarukan juga merupakan bagian dari langka-langkah untuk mengurangi konsumsi BBM nasional. “Energi baru terbarukan harus dimaksimalkan pemanfaatannya dengan memperhatikan tingkat keekonomian dan keekonomian itu bisa dibangun oleh pemerintah,” ujar Sudirman.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.