Minggu, 25 September 22

Breaking News
  • No items

Menteri BUMN Lepas 24.605 Peserta Mudik Gratis 2022

Menteri BUMN Lepas 24.605 Peserta Mudik Gratis 2022
* Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono saat memberi sambutan di acara Pelaksanaan Mudik Gratis bertajuk “Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022”. (Foto: Edwin B/obsessionnews)

Obsessionnews.com – PT Jasa Raharja yang kembali ditunjuk serta dipercaya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai Koordinator Pelaksanaan Mudik Gratis bertajuk “Mudik Aman Mudik Sehat Bareng BUMN 2022” hari ini melepas 24.605 peserta mudik gratis ke 39 kota.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono menuturkan, sebanyak 24 BUMN turut andil mensukseskan program mudik gratis. Pelepasan peserta mudik sendiri ditandai dengan flag off yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir  bersama Rivan, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, serta jajaran Direksi BUMN.

Alhamdulillah dengan sinergi yang dilakukan oleh kementerian BUMN, terkumpul 542 bus untuk diberangkatkan ke 39 kota dengan membawa 24.605 pemudik,” ungkap Rivan di Stadion Glora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Hingga Maret 2022 Jasa Raharja Serahkan Santunan Sebesar Rp634 Miliar

Mudik gratis ini, sambung Rivan, merupakan suatu bentuk dukungan dari Kementerian BUMN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni peserta mudik telah divaksin dua kali dan booster. Hal ini sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Selain itu, diharapkan masyarakat tidak mengendarai sepeda motor ke kampung halamannya. Ini merupakan langkah untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ujar Rivan.

(Ki-Ka) Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Budi Setiyadi; Direktur Utama (Dirut) Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono; Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir; dan Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas), Irjen Pol. Firman Shantybudi saat melepas mudik gratis BUMN 2022 di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Rabu (27/04/2022). (Foto: Edwin B/ Obsessionnews.com)

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Jasa Raharja untuk memastikan kelancaran program ini, di antaranya melakukan ram cek dan uji KIR untuk memastikan kondisi bus aman dan layak jalan agar terhindar dari kecelakaan serta mempersiapkan pengemudi.

“Biasanya kan bus memiliki dua pengemudi. Kami pastikan mereka bebas narkoba, kondisinya prima,  dan memiliki pengalaman berkendara lebih dari 3 tahun. Tak kalah penting, sejumlah langkah yang kami lakukan di luar mudik gratis ini, antara lain mempersiapkan 2 ribu posko siaga, menyediakan 15 ribu rambu-rambu tambahan, termasuk mempersiapkan 2.436 rumah sakit yang siaga 24 jam untuk memberikan layanan cepat jika terjadi kecelakaan,” papar Rivan.

Baca juga: FOTO Jasa Raharja Gelar Konferensi Pers Mudik Gratis

Di sisi lain, Jasa Raharja juga menyediakan 199 rangkaian rangkaian kereta api dengan 6 jurusan stasiun dan kapasitas yang tersedia adalah 15.000. “Sehingga, total pemudik yang berpartisipasi dalam program ini sebanyak 40.000,” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, persiapan mudik gratis kali ini direncanakan dalam waktu singkat. Sebab biasanya persiapan program mudik gratis memakan waktu cukup lama. “Semoga dalam perjalanan Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 ini, semua pemudik bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan kembali ke Jakarta dengan kondisi aman dan sehat,” harapnya.

Jadwal keberangkatan/Flag Off moda transportasi bus telah dilakukan pada hari ini (27/4) pukul 07.00 WIB, di Stadion Gelora Bung Karno Senayan. Sementara untuk jadwal keberangkatan kereta api, akan dilakukan secara bertahap mulai 27 April hingga 1 Mei 2022, di stasiun Pasar Senen Jakarta. Gia

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.