Selasa, 28 September 21

Menteri ESDM: Elektrifikasi Bangli Harus Ditingkatkan

Menteri ESDM: Elektrifikasi Bangli Harus Ditingkatkan

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, menggelar pertemuan dengan General Manager PT PLN wilayah distribusi Bali, Doddy Pangaribuan beserta jajaran. Tujuannya, mengetahui kondisi sistem kelistrikan di pulau Dewata, pada Minggu (7/6).

Said mengarahkan alokasi gas untuk pembangkit listrik kudu segera diselesaikan dengan memanfaatkan storage bekas bbm PLN guna meningkatkan cadangan bahan bakar minyak (bbm). Dia juga meminta percepatan peningkatan rasio elektrifikasi di Kabupaten Bangli.

“Saat ini rasio elektrifikasi di wilayah Bangli masih 69 persen. Itu artinya dibawah rata-rata nasional, yaitu 84 persen”, kata Sudirman dalam keterangan tertulis diterima obsessionnews.com, pada Senin (8/6).

Dalam keterangan tersebut, Doddy Pangaribuan mengatakan saat ini PLN wilayah distribusi Bali sedang berusaha meningkatkan kehandalan listrik plus menurunkan biaya produksi.

Dia juga bilang, beberapa proyek seperti konversi bbm ke gas untuk PLTG Gilimanuk dan PLTG Pemaron dengan total kapasitas 218 megawaat, PLTU Celukan Bawang sebanyak tiga unit berkapasitas 380 megawatt, serta PLTG Pesanggaran sebesar 200 megawatt sedang berjalan.

Bagi PLTU Celukan Bawang, Doddy bilang dapat memperoleh efisiensi Rp 4,64 milyar dalam sehari dengan asumsi operasi 24 jam. Pembangkit listrik tersebut, juga mampu menggantikan PLTG Pesanggaran 2,3,4 dan PLTG Pemaron 1. Asumsi operasi 24 sehari, disebut dapat memperoleh efisiensi Rp 8,11 milyar.

Dengan beroperasinya PLTU Celukan Bawang unit 3 dengan kapasitas produksi 125 megawatt, mampu menggantikan operasi PLTDG Pesanggaran Blok 1 dan 2 serta PLTD sewa A Pesanggaran.

Jika PLTU Celukan Bawang unit 3 diasumsikan beroperasi 24 jam sehari, maka diperoleh efisiensi Rp 2,8 milyar.

“Sehingga total efisiensi Rp 15,54 miliar per hari atau Rp 5,67 trilyun per tahun”, kata Doddy.

Doddy bilang, pemanfaatan gas untuk listrik juga memberikan keuntungan berupa pengurangan CO2 sekitar 1 juta ton per tahun. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.