Kamis, 25 April 24

Menteri Azwar Anas Dorong MPP Segera Hadirkan Pelayanan Publik Digital

Menteri Azwar Anas Dorong MPP Segera Hadirkan Pelayanan Publik Digital
* Menteri Anas meninjau pelayanan di MPP Kabupaten Blora. (Foto: Humas Kemen PAN-RB)

Obsessionnews.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas terus mendorong digitalisasi pelayanan publik, khususnya di Mal Pelayanan Publik (MPP). Digitalisasi ini dilakukan semata agar pemerintah terus dapat memberikan pelayanan publik yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Saat ini kami sedang merancang Mal Pelayanan Publik Digital, sehingga kedepannya masyarakat tidak perlu lagi datang ke loket, cukup mengakses pelayanan dari ponsel dan selesai. Hal ini merupakan tahapan transformasi digitalisasi birokrasi, yang salah satunya melalui MPP Digital,” ungkap Menteri Anas saat meninjau pelayanan di MPP Kabupaten Blora, Jumat (23/09).

Menteri Anas mengungkapkan bahwa target pembangunan MPP di seluruh penjuru Indonesia terus dikejar sesuai arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. MPP yang akan hadir tersebut diarahkan untuk dapat menyediakan pelayanan publik digital. Sementara itu, MPP yang telah berdiri juga akan dilakukan pendampingan agar dapat bertransformasi menyediakan layanan digital.

Dalam peninjauannya ke MPP Kabupaten Blora, Anas mengingatkan agar jajaran Pemkab Blora untuk senantiasa konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui MPP. Tidak sekadar hanya pelayanan administrasi, perizinan, dan non-perizinan, MPP juga harus jeli melihat kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

“Untuk itu, Bupati beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Blora dapat bersama-sama mencari tahu kebutuhan masyarakat melalui survei kepuasan masyarakat, untuk mendapatkan masukan agar dapat terus memperbaiki pelayanannya,” ujar mantan Bupati Banyuwangi ini.

Disampaikan, Menteri Anas senang melihat pelayanan yang diberikan oleh MPP Kabupaten Blora. “Tempatnya strategis, semoga dapat konsisten melayani masyarakat dan menjadi motivasi bagi daerah lainnya untuk menghadirkan MPP,” pungkas Anas.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blora Arif Rohman menyampaikan terima kasih atas kehadiran Menteri Anas yang menyempatkan meninjau pelayanan di MPP Kabupaten Blora. Diceritakan, kehadiran MPP di Kabupaten Blora ini terinspirasi dari langkah Menteri Anas sewaktu menjabat sebagai Bupati Banyuwangi yang bergerak cepat menghadirkan MPP ditingkat kabupaten.

MPP Kabupaten Blora merupakan MPP ke-9 di Provinsi Jawa Tengah dan ke-43 di Indonesia yang diresmikan pada 3 Juni 2021. Setelah berjalan selama 1 tahun 3 bulan, kini MPP Kabupaten Blora menyediakan 290 layanan dari 29 instansi.

“Terima kasih Menteri Anas atas kunjungannya ke Kabupaten Blora. Kehadiran Bapak menjadi penguat memotivasi jajaran Pemkab Blora untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Arif. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.