Minggu, 4 Desember 22

Menteri Azwar Anas Apresiasi Pelayanan Publik Kota Kupang

Menteri Azwar Anas Apresiasi Pelayanan Publik Kota Kupang
* Menteri Azwar Anas tinjau pelayanan publik puskesmas Oebobo, Kota Kupang, NTT. (Foto: Humas Kemen PAN-RB)

Obsessionnews.com – Memulai kunjungan kerjanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meninjau sejumlah pelayanan publik di Kota Kupang. Anas menggelorakan semangat berinovasi di Puskesmas Oebobo dan Polresta Kupang Kota.

Menteri Azwar Anas menyampaikan bahwa pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Pelayanan penuh inovasi yang diberikan kepada masyarakat menjadi bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

“Saya senang melihat pelayanan publik yang telah berjalan dengan cepat di Puskesmas Oebobo dan Polresta Kota Kupang. Arahan Presiden Jokowi, pelayanan publik harus ekselen, memudahkan masyarakat,” ungkapnya di sela-sela peninjauan pelayanan publik di Kota Kupang, NTT, Senin (03/10).

Di Puskesmas Oebobo, Menteri Anas meninjau beragam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskemas yang berdiri sejak 1990 tersebut. Didampingi oleh Asisten Deputi Standardisasi Pelayanan Publik dan Pelayanan Inklusif Kementerian PANRB Noviana Andrina, Menteri Anas juga memberikan masukan dan saran terkait standar pelayanan yang harus dipenuhi oleh unit penyelenggara pelayanan publik.

Sambil berdiskusi bersama Kepala UPTD Puskesmas Oebobo dr. Maria K. Mari, Menteri Anas membahas terkait SDM aparatur di Puskesmas Oebobo. “Terus berikan pelayanan terbaik. Bekerja dengan inovasi, misalnya rajin jemput bola ke masyarakat,” ujar Anas memberikan motivasi.

Anas juga membeber sejumlah inovasi yang bisa diberikan oleh Puskesmas. “Misalnya fokus pada upaya preventif dan promotif. Bikin program-program inovatif untuk mewujudkan gaya hidup sehat di masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan di Polresta Kupang Kota, Menteri Anas meninjau pelayanan Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) serta pembuatan SKCK. Dirinya juga sempat berdiskusi dengan jajaran Polresta Kupang Kota.

Mantan Bupati Banyuwangi ini menekankan agar jajaran Polresta Kupang Kota mengembangkan dan memperkuat pengaduan pelayanan. Hal ini dapat dilakukan dengan terhubung kepada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

“Agar masyarakat bisa memberikan masukan untuk perbaikan pelayanan, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan lebih baik,” ujarnya.

Disarankan apabila Kota Kupang telah memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP), Polresta Kupang Kota juga dapat bergabung untuk memberikan pelayanan di MPP. Hal ini dapat mengurai antrean sehingga akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan akan semakin cepat.

Selain itu, Menteri Anas juga menyampaikan kepada Kapolresta Kupang Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto agar jajarannya terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam memberikan pelayanan untuk memecahkan masalah yang ada. “Dengan inovasi dan kolaborasi, pasti dapat memberikan solusi atas masalah yang ada,” lanjutnya.

Menteri Anas berharap masyarakat Kota Kupang dan Provinsi NTT bisa terus mendapatkan pelayanan prima yang konsisten dari jajaran pemerintah. “Semoga pelayanan prima juga senantiasa diberikan oleh seluruh instansi pemerintah di Kota Kupang dan Provinsi NTT. Saya melihat komitmen yang kuat untuk memberikan pelayanan terbaik dari para kepala daerah di NTT dan pimpinan berbagai instansi lainnya,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.