Jumat, 3 Februari 23

Menteri ATR/BPN: Integritas Sangat Penting untuk Tingkatkan Kualitas Layanan dan Tata Ruang

Menteri ATR/BPN: Integritas Sangat Penting untuk Tingkatkan Kualitas Layanan dan Tata Ruang
* Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil. (Foto: Humas Kemen ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 secara daring dan luring bertempat di Shangri-La Hotel, Jakarta. Mengusung tema “Memperkuat Integritas untuk Meningkatkan Kualitas Layanan”, Rakernas ini diselenggarakan mulai 21 s.d. 24 Maret 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam sambutannya, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa integritas sangat penting dalam rangka meningkatkan kualitas layanan. Untuk itu, ia mengimbau kepada jajarannya untuk terus berpikir bagaimana mencapai pelayanan yang lebih baik lagi. “Apapun yang kita capai harus kita syukuri, tapi harus terus kita pikirkan bagaimana mencapai pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Sofyan A. Djalil saat membuka Rakernas Tahun 2022, Senin (21/03/2022).

Penguatan integritas juga dilakukan terhadap program-program kerja Kementerian ATR/BPN. Oleh sebab itu, Menteri ATR/Kepala BPN menekankan persoalan kualitas sehingga tidak timbulnya residual issue, terutama pada program pendaftaran tanah di masa yang akan datang. “Maka persoalan residual issue, kita akan perbaiki sehingga tidak menciptakan masalah di belakang hari,” jelas Sofyan A. Djalil.

Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan, akan terus meningkatkan integritas serta profesionalisme sumber daya manusia dengan konsisten menerapkan merit sistem. “Walaupun sistem sudah bagus namun ada kemungkinan, misalnya karena kurang tepat dan lain-lain, silakan disampaikan dalam rangka memperbaiki sistem ini menuju sistem yang lebih baik,” tutur Sofyan A. Djalil.

Dengan adanya Rakernas, Menteri ATR/Kepala BPN berharap dapat menghasilkan beberapa hal, yaitu adanya hasil evaluasi dari pelaksanaan program kerja tahun lalu dan apa yang akan dikerjakan pada tahun 2022. “Untuk itu bisa dirumuskan apa yang perlu kita perbaiki tahun ini dan merencanakan tahun depan. Untuk tahun depan, kita akan fokuskan untuk menyelesaikan masalah yang residual. Artinya target PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, red) tidak akan sebanyak tahun ini, tapi masalah residual issue harus kita selesaikan,” jelas Sofyan A. Djalil.

Turut hadir dalam pembukaan Rakernas 2022, Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim POLRI), Komisaris Jenderal Agus Andrianto. Dalam sambutannya ia menyampaikan, mafia tanah melibatkan banyak instansi, menyangkut semua lini, dan mempunyai oknum jaringan di setiap instansi. Sehingga diperlukan sinergi, integritas, dan komitmen bersama dari berbagai pihak dalam memberantasnya. “Mari kita jaga dan terus perkuat integritas dan sinergi dalam memberikan pelayanan dan penegakan hukum di bidang pertanahan,” imbuh Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengakui bahwa Kementerian ATR/BPN saat ini sudah lebih baik. Namun, untuk meningkatkan layanan pertanahan, menurutnya perlu ada integrasi terhadap sistem teknologi yang lebih mendalam. “Saya percaya teknologi sudah ada di Kementerian ATR/BPN, namun teknologi masih diperlukan untuk transparansi dan perbaikan kecepatan, ditambah kepastian layanan terkait proses, biaya layanan, waktu layanan, dan kelengkapan dokumen yang diperlukan. Kami berharap ini bisa diterapkan pada layanan Kementerian ATR/BPN,” tutur Pahala Nainggolan.

Direktur Pengaturan Tanah Pemerintah, I Made Daging yang juga selaku Ketua Panitia Rakernas Tahun 2022 menuturkan, dengan tema memperkuat integritas untuk meningkatkan kualitas layanan, memberikan pesan akan arti pentingnya integritas insan Kementerian ATR/BPN, untuk menghasilkan kualitas pelayanan maupun data pertanahan dan tata ruang yang mumpuni dalam rangka layanan elektronik, mitigasi kasus pertanahan, serta mewujudkan Kementerian ATR/BPN sebagai institusi tepercaya dan berkelas dunia.

Turut hadir secara langsung sebagai peserta, seluruh Pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kementerian ATR/BPN, para Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia, Pejabat Administrator Kantor Wilayah BPN Provinsi, dan beberapa perwakilan Kepala Kantor Pertanahan. Rakernas Kementerian ATR/BPN Tahun 2022 juga diikuti secara daring oleh para Pejabat Administrator di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi hingga Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.