Kamis, 9 Desember 21

Menteri Agama Minta BNPT Jelaskan Alasan Pemblokiran Situs

Menteri Agama Minta BNPT Jelaskan Alasan Pemblokiran Situs
* Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin

Padang, Obsessionnews – Masyarakat harus mengetahui alasan pemblokiran 22 situs atau website yang dilakukan pemerintah, sehingga masyarakat mengerti definisi radikal berikut batasannya. Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mengatakan, situs-situs tersebut diblokir oleh Internet Service Provider (ISP) setelah diminta oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebagai lembaga yang berwenang, setelah diusulkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), karena dianggap radikal.

“BNPT diharapkan agar menjelaskan alasan pemblokiran 22 situs supaya masyarakat tahu apa alasannya,” kata Lukman kepada wartawan usai menghadiri wisuda program S3, S2, S1 dan D3 angkatan ke-73 tahun akademik 2014/2015 IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, Selasa (31/3).

Menurut Lukman, masyarakat perlu tahu apa alasan BNPT mengusulkan kepada Kemenkominfo supaya memblokir situs itu, agar masyarakat mengerti apa definisi radikal. Kemudian sejauh mana batasan situs dikategorikan radikal sehingga harus ditutup supaya tidak mempengaruhi masyarakat.

Menteri Agama mengaku sudah berkomunikasi dengan Kepala BNPT supaya bersedia memberikan penjelasan resmi, agar masyarakat juga mengerti apa definisi dari radikal. Demikian juga apa batasan sebuah situs dikategorikan radikal sehingga harus ditutup supaya tidak mempengaruhi masyarakat luas.

“Saya berharap ada informasi resmi seperti itu supaya tidak muncul anggapan yang berlebihan dalam menyikapi radikalisme dan ekstrimisme, lalu berdampak negatif bagi sejumlah situs yang benar-benar menjalankan dakwah yang baik,” katanya. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.