Senin, 25 Oktober 21

Mentawai Canangkan Tujuh Pesan Sikerei

Mentawai Canangkan Tujuh Pesan Sikerei

Mentawai, Obsessionnews – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mendukung program tujuh pesan Sikerei yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawau, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di bidang pembangunan kesehatan.

Dirjen Pencegahan Pemberantasan Penyakit (P2P) Kemenkes RI, Sri Henni Setiawati mengatakan program itu sangat positif dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kita nanti akan memfasilitasi apa yang dibutuhkan Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk percepatan pembangunan kesehatan,” kata Sri Henni Setiawati usai melaunching tujuh pesan Sikerei di Kecamatan Siberut, Mentawai, Senin (22/2).

Sejumlah dukungan dari Kemenkes RI terkait percepatan pembangunan kesehatan di bumi Sikerei, penguatan sumberdaya manusia (SDM) kesehatan berikut penguatan akses masyarakat terhadap kesehatan.

“Kami sangat mengapresiasi dengan adanya tujuh pesan Sikerei ini. Artinya dari tokoh-tokoh masyarakat tradisional dan spritual sudah menyatu dengan program-program pembangunan kesehatan,” kata Sri.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet mengatakan kesehatan merupakansalah satu program prioritas pembangunan di daerah tersebut. Sebagai salah satu program perioritas pembangunan, pemerintah setempat mengapikasikan tujuh pesan Sikerei dalam pembangunan kesehatan.

Tujuh pesan Sikerei dimaksud merupakan singkatan dari stop buang air besar sembarangan. Istirahat yang cukup. Konsumsilah garam beryodium makanan yang beraneka ragam sayur dan buah-buah. Enyahkan asap rokok dan kasus gizi buruk.

Selanjutnya, rajinlah berolahraga secara teratur, Eliminasi penyakit kaki gajah dan penyakit malaria serta minum Obat Sampai Sembuh penyakit TB, Ingatkan Keluarga Anda untuk menimbang Balita di Posyandu setiap Bulan pemberian ASI saja kepada Bayi sampai umur enam bulan persalinan. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.