Sabtu, 4 Desember 21

Mensos: Tiga Kartu Sakti Untuk Buruh, Petani, Nelayan, Pesantren

Mensos: Tiga Kartu Sakti Untuk Buruh, Petani, Nelayan, Pesantren

‎Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Sosial akan melaksanakan Launching perdana tiga ‘kartu sakti’ yaitu Kartu Keluarga Sehat Sejahtera (KKS) Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS), pada akhir April hingga akhir Mei 2015, di 12 kabupaten dan kota.

Adapun 12 kabupaten itu ialah Kabupaten Klaten, Seleman, Manokwari, Malang, Belitung Timur dan Karawang, serta Kota Jakarta Utara, Jakarta Timur, Malang, Jayapura, dan Kota Jambi. Launching tersebut juga rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Sosial Khafifah Indar Parawansa mengatakan, Presiden Jokowi menginginkan laounching tiga kartu sakti itu dilaksanakan di pelosok kampung, bukan ditengah-tengah kota. Sebab,penerimanya adalah para buruh, petani, nelayan dan pesantren.

“Jadi, Presiden menginginkan launching tiga kartu ini dilaksanakan di pelosok kampung bukan di tengah-tengah kota,” ujar Khafifah, di Kantornya Kamis (23/4/2015).

Guna menjelaskan mekanisme pelaksanaan launching tiga kartu itu, Mensos sampai mengundang 12 bupati dan wali kota untuk diberikan arahan. Dalam kesempatan tersebut Khafifah mengatakan, bahwa launching itu langsung diikuti dengan pendistribusian anggaran secara langsung.

“Artinnya ini launching bukan sekedar formalitas,” jelasnya.

Khafifah menjanjikan, pada akhir Juni semua sudah terdistribusi dan digunakan di seluruh Indonesia. Karena itu, ia berharap kepada para bupati dan walikota untuk terus melakukan pendataan dan verifikasi mengenai jumlah masyarakat miskin di daerahnya. Agar, penerima tiga kartu ini tepat sasaran.

“Kita harapkan peran serta para bupati dan walikota ini terus membantu memberikan pendataan jumlah orang miskin, yang menjadi prioritas utama penerima tiga kartu ini,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.