Sabtu, 27 November 21

Menpora Kecam Rusuh Jakmania dengan Polisi

Menpora Kecam Rusuh Jakmania dengan Polisi
* Jakmania ditembak gas air mata oleh polisi saat laga TSC 2016, Persija-Sriwijaya FC

Jakarta, Obsessionnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga, Iman Nahrawi menyesalkan kejadian rusuh semalam yang terjadi dalam laga Persija melawan Sriwijaya FC di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (24/6/2016) malam WIB.

Menpora melalui akun sosmednya mengatakan pihaknya meminta operator penyelenggara pertandingan, PT Gelora Trisula Semesta untuk membuat perjanjian dengan kepolisian mengenai jaminan keamanan mereka yang menonton di dalam stadion. Tapi itu belum dilaksanakan oleh GTS.

Menpora bahkan mempertanyakan kelanjutan Torabika Soccer Championship 2016, jika sudah banyak kerusuhan yang telah meminta korban jiwa seperti sekarang.

Akibat bentrok semalam, polisi menahan 155 Jakmania, menurut rilis Polda Metro Jaya hari ini.

Kerusuhan itu dimulai ketika seorang Jakmania masuk lapangan ketika Persija kalah 0-1 dari Sriwijaya FC saat laga belum berakhir.

Setelah itu rekan-rekannya menyusul masuk lapangan. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata untuk membubarkan Jakmania.

Panitia pelaksana pertandingan juga terpaksa menghentikan laga pada menit 81, karena situasi tak kondusif.

Diluar stadion, di pintu masuk sektor 13 dan 14, Jakmania berulah dengan menjebol pintu masuk. Di pintu masuk sektor 8, ada Jakmania yang melempari polisi.

Polda Metro melanjutkan, setelah itu anggotanya mengadakan apel konsolidasi pada pukul 2 subuh, Sabtu (25/6/2016), guna mendata korban yang terjadi akibat bentrokan ini.

Dari hasil rapat ini, tercatat 19 sesak nafas akibat gas air mata yang ditembakkan polisi untuk membubarkan massa di dalam stadion yang merangsek ke lapangan. Lima polisi terluka.

3 orang luka serius, dan dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jaktim. Korban meninggal menurut polisi ada satu, seorang pedagang makanan yang berjualan di dekat Hall A Basket Senayan. Menurut keterangan rekan si penjual, almarhum menderita epilepsi (ayan).

Tapi polisi masih menyelidikinya karena lokasi meninggalnya pedagang tersebut dekat dengan kejadian terbakarnya 5 sepeda motor, di dekat Hall Basket Senayan.

Sementara dua mobil rusak karena kerusuhan ini. @baronpskd

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.