Minggu, 2 Oktober 22

Menparekraf: Maknai HUT RI Sebagai Momentum untuk Pulih dan Bangkit Lebih Kuat

Menparekraf: Maknai HUT RI Sebagai Momentum untuk Pulih dan Bangkit Lebih Kuat
* Menparekraf Sandiaga Uno memberikan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kepariwisataan kepada 3 orang nama yang berjasa bidang kepariwisataan. (Foto: Humas Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak seluruh insan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air memaknai HUT ke-77 Republik Indonesia sebagai momentum bersama untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat di tengah kondisi dan tantangan global saat ini.

“Menggapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan masa depan,” kata Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya di upacara peringatan HUT RI ke-77 di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Menparekraf mengatakan, sudah lebih dari 2 tahun pandemi COVID-19 menghantam setiap lini kehidupan masyarakat. Saat ini dunia juga sedang dihadapkan dengan era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) serta tantangan ancaman krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan. Selain juga tantangan ekonomi seperti kenaikan harga bahan pokok dan sulitnya mencari pekerjaan sehingga pengangguran meningkat.

Di tengah tantangan yang luar biasa, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami perubahan yang sangat dinamis.

“Namun dengan inovasi adaptasi dan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah dan seluruh stakeholder pentahelix, kita telah membuktikan ketahanan yang luar biasa, extra ordinary resilient, berani menjadikan krisis sebagai peluang untuk bangkit dan berkembang. Ini menjadi momentum untuk pulih lebih cepat agar siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Kemenparekraf/Baparekraf fokus dalam menghadirkan program dan kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu yang berorientasi pada pemulihan perekonomian Indonesia.

Di antaranya melalui beberapa program yang sudah dijalankan seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI), Kabupaten dan Kota (KaTa) Kreatif, dan lainnya. Terutama program-program untuk beradaptasi memasuki tatanan ekonomi baru yang mengedepankan aspek kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan yang diiringi dengan bingkai go digital.

“Dengan upaya bersama melalui sektor parekraf. Insyaallah tahun 2022 kami menargetkan capaian 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf mengatakan, 2022 merupakan tahun yang sangat istimewa dalam menjaga momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah berbagai event bergengsi internasional mulai dari G20, World Tourism Day, WCCE, AVPN, Internasional Wellness Tourism Convention, ASEAN Para Games, MotoGP, MXGP, WSL dan banyak event-event lainnya.

Ini adalah bentuk nyata dari events lead recovery, kebangkitan berbasis event yang menunjukkan bahwa Indonesia mampu meraih kepercayaan global. Menjadi best practice dunia dalam menangani pandemi dengan lebih baik.

“Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah banyak menorehkan prestasi, menciptakan banyak kemajuan, mari kita lanjutkan perkembangan ini untuk menciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia melalui kebijakan-kebijakan yang lebih baik lagi, kita sesuaikan kebijakan untuk menghadapi tantangan yang ada di depan mata,” ujarnya.

Menparekraf secara khusus mengingatkan kepada seluruh jajaran di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf dan stakeholder pariwisata dan ekonomi kreatif untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan serta kompetensi di bidang masing-masing mengingat tantangan kerja ke depan yang semakin kompleks.

“Mari eliminasi sekat-sekat birokrasi sekaligus sederhanakan akses dan tingkatkan transparansi dan pelayanan publik, mari kita berikan kontribusi terbaik yang maksimal. Tingkatkan kompetensi diri demi melaksanakan tugas, training yourself and training for the future,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu Menparekraf Sandiaga Uno juga memberikan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Kepariwisataan berdasarkan Kepres RI Nomor 58/TK/2022 yang diberikan kepada tiga orang nama atas jasa yang besar dan prestasi luar biasa mereka dalam meningkatkan pembangunan kepeloporan dan pengabdian di bidang kepariwisataan yang dibuktikan dengan fakta yang konkret lebih dari 5 tahun secara terus-menerus.

Para penerima penghargaan tersebut, pertama adalah Alm. Tjokorda Gde Raka Sukawati sebagai pelopor pengembangan pariwisata dan budaya Bali. Ia dinilai berjasa besar dalam bidang kepariwisataan melalui pembangunan dan pelestarian seni budaya tradisional Bali, memelopori desentralisasi dan ide-ide seni yang memiliki perspektif masa depan serta promosi pariwisata dan budaya Bali.

Penghargaan diberikan kepada DR. Asman Abnur SE, M.Si, anggota DPR RI yang berperan aktif dalam mencetak SDM sektor industri pariwisata melalui pendirian Politeknik Pariwisata Batam dan menciptakan lapangan kerja dengan mendirikan berbagai gerai usaha bidang food and beverage.

Ketiga adalah Endang Suryaningsih S.Pd, MSi, Pembina Adiatama Parekraf Ahli muda pada Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. Ia dinilai telah berperan aktif dalam bidang kepariwisataan melalui penulisan buku Jamu Coro dan menggagas tentang Pendikar Restu Wali (pendidikan online dan rekreasi virtual Kota Wali).

Selain itu, Menparekraf Sandiaga juga memberikan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya. Yakni penghargaan kepada PNS yang bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan, dan disiplin secara terus-menerus paling singkat 10, 20, dan 30 tahun.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pegawai penerima penghargaan tanda jasa Satya Lencana Karya Satya. Terima kasih atas dedikasi, kontribusi, dan pengabdian dan telah menerapkan prinsip kerja 4AS yakni Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Tuntas, dan Kerja Ikhlas. Juga selamat kepada penerima Satya Lencana Kepariwisataan atas dedikasinya yang luar biasa, atas nama pemerintah Republik Indonesia saya mengucapkan beribu terima kasih. Dirgahayu RI ke-77, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, Merdeka!” Kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo, serta seluruh pejabat eselon I dan II serta staf di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf yang hadir secara luring maupun daring. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.