Senin, 14 Oktober 19

Menpar Promosikan Bitung Sebagai Destinasi Wisata Bahari di Indonesia

Menpar Promosikan Bitung Sebagai Destinasi Wisata Bahari di Indonesia
* Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya telah membuka Festival Pesona Selat Lembeh 2019 di Pangkalan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (7/10/2019).  (Foto: Dok Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.comMenteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya telah membuka Festival Pesona Selat Lembeh 2019 di Pangkalan Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada Senin (7/10/2019).

Arief mengatakan, atraksi yang disuguhkan saat gelaran Festival tersebut yang masuk tahun ke-4 dalam Top 100 Calender of Event (CoE) nasional itu patut diberikan apresiasi. Sebab dengan adanya festival ini dapat mengangkat potensi wisata bahari di Bitung.

“Ini sangat bisa memposiskan Bitung sebagai destinasi wisata bahari di Tanah Air,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Selasa (8/10).

Menurut dia, berkah yang dimiliki Bitung harus dimanfaatkan dengan baik untuk menarik wisatawan mancanegera (wisman) datang menikmati keindahan bawah lautnya.

“Atraksi Bitung luar biasa. Kita langsung saja memposisikan Bitung sebagai destinasi wisata bahari di Indonesia. Karena mereka memang memiliki kekayaan bahari yang luar biasa,” katanya.

Dari data yang diterima, pertumbuhan wisman ke Bitung mengalami peningkatan. Tercatat pada 2016 ke 2018 sebesar 29,5 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 14,7 persen. Sementara itu pertumbuhan wisatawan nusantara (wisnus) 2016 ke 2018 sebesar 700 persen, dengan rata-rata pertumbuhan dalam kurun waktu 3 tahun sebesar 350 persen.

“Tak heran, karena keistimewaan tersebut, Selat Lembeh sering kali dijuluki sebagai The Mecca of Divers atau The Mecca of Macro Photography,” tuturnya.

Selain karnaval ratusan kapal, pembukaan Festival Pesona Selat Lembeh 2019 juga menghadirkan tarian khas Suku Minahasa, Tari Kabasaran. Tari yang memperlihatkan keberanian Suku Minahasa ini, mampu menarik perhatian para pengunjung. Terlebih, yang terlibat dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Di puncak acara Festival Pesona Selat Lembeh 2019 yaitu sailing pass yang diikuti karnaval sebanyak 200 perahu nelayan di Selat Lembeh.(Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.