Rabu, 20 November 19

Menpar Harap Para Industri Koordinasi dengan GIPI

Menpar Harap Para Industri Koordinasi dengan GIPI
* Menteri Pariwisata Arief Yahya. (Foto: Dok Kemenpar)

Jakarta, Obsessionnews.com – Rakernas Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) II Tahun 2019 telah dibuka oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019).

Dalam kesempatan itu Arief menyampaikan, GIPI berfungsi sebagai mitra kerja pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta wadah komunikasi dan konsultasi para anggotanya dalam penyelenggaraan dan pembangunan kepariwisataan.

“Sebaiknya, industri dikoordinasikan oleh GIPI, karena GIPI sangat mudah untuk lintas kementerian dan lintas sektor,” ujar Arief dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsession news.com, Sabtu (19/10).

Namun tantangan terbesar GIPI adalah environmental sustainable development. “Karena GIPI lebih cair sehingga bisa tidak membuat antar kementerian berhadap-hadapan,” katanya.

Untuk itu, mantan Direktur Utama PT Telkom ini mendorong semua anggota GIPI untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia, dengan menggunakan kriteria yang berlaku di dunia seperti TTCI (Travel and Tourism Competitiveness Index) yang dikeluarkan oleh World Economic Forum (WEF).

Dia mengatakan, para industri diharapkan berpartisipasi untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia dengan memberikan dukungan dan berpartisipasi dalam upaya-upaya strategi perbaikan pariwisata Indonesia sesuai dengan pilar-pilar TTCI.

“Khususnya pada Top Bottom 3, yaitu Environmental Sustainability, Health and Hygiene, dan Tourist Service Infrastructure,” tambah Arief.

Pada kesempatan yang sama, Ketua GIPI Didien Junaedy menegaskan, GIPI sebagai mitra pemerintah siap mendukung program dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia pada tahun mendatang.

“Peran industri pariwisata berada di garis terdepan dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata Indonesia,” katanya.

Seperti diketahui, Tujuan Rakernas II GIPI Tahun 2019 antara lain untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja GIPI dan kinerja kepengurusan serta menyusun program kerja untuk tahun berikutnya, dan melaporkan posisi keuangan GIPI. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.