Kamis, 25 April 24

Menlu Italia Tuntut Turki Ditekan

Menlu Italia Tuntut Turki Ditekan

Roma – Menteri Luar Negeri Italia, Paolo Gentiloni menuntut pemerintah Turki ditekan untuk menjamin Ankara komitmen dengan kedaulatan hukum.

Seperti diberitakan Reuters, Paolo Gentiloni Selasa (26/7) di sidang parlemen negara ini mengatakan, mengingat eskalasi tindakan Turki terhadap para tersangka kudeta gagal di negara ini, pemerintah Ankara harus ditekan sehingga komitmen menjaga kedaulatan hukum.

Gentiloni menilai reaksi pemerintah dan pribadi Recep Tayyip Erdogan, presiden Turki terhadap kudeta gagal di negara ini tidak masuk akal dan berbahaya. Ia juga menyatakan kekhawatirannya atas pelaksanaan hukuman mati terhadap sejumlah pelaku kudeta di Turki.

Menlu Italia dalam kesempatan tersebut tidak mengisyaratkan mekanisme dan bentuk represi terhadap pemerintah Turki dan pihak mana yang harus menekan Ankara.

Pasca kudeta gagal di Turki, aparat keamanan negara ini menangkap lebih dari 60000 militer, staf pemerintah dan pengadilan serta memecat dan mengintrogasi mereka.

Turki 15 Juli lalu menyaksikan upaya sejumlah militer negara ini melakukan kudeta anti pemerintah Erdogan, namun usaha mereka gagal. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.