Kamis, 6 Oktober 22

Menkop Targetkan Nilai Transaksi SMESCO Festival Rp25 Miliar

Menkop Targetkan Nilai Transaksi SMESCO Festival Rp25 Miliar

Jakarta, Obsessionnews – Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyambut positif digelarnya SMESCO Festival ke-13 tahun 2015. Event ini adalah ajang promosi produk unggulan Koperasi dan UKM untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan kewirausahaan serta meningkatkan produktivitas dan daya saing KUKM.

“Ini dari tahun ke tahun waktu jadi Walikota saya juga sering datang ke tempat ini dan tentunya dari tahun ke tahun saya pantau pelaksanaannya semakin baik,” ujar Puspayoga saat meninjau pembukaan SMESCO Festival ke-13 tahun 2015, di Hall A-B Jakarta Convention Center, Kamis (1/10/2015).

Puspayoga mengatakan pameran kali ini menampilkan sesuatu yang istimewa dari tahun sebelumnya, mulai dari produk icon yang dipamerkan merupakan puncak kesenian daerah, penataan, kemasan produk serta jumlah pengunjung yang ramai membuatnya yakin nilai transaksi bisa mencapai Rp 25 miliar.

“Kami akan evaluasi sejauh mana transaksi yang terjadi di Rumahku rumahnya Koperasi dan UKM ini terjadi transaksi yang maksimal,” kata mantan Walikota Denpasar, Bali itu.

Menkop menuturkan bahwa SMESCO Festival ataupun pameran sejenisnya harus lebih sering diadakan karena memang memberikan keuntungan besar bagi pelaku usaha. Nilai transaksi yang didapatkan dari pameran tersebut bisa mendorong terciptanya pemerataan kesejahteraan.

“Pameran untuk buat pemerataan kesejahteraan, dengan sebanyak-banyaknya pameran dan harapan transaksi terjadi dengan baik itu akan bisa menciptakan pemerataan kesejahteraan,” terangnya.

Tugas pemerintah dalam memperdayakan pelaku usaha tidak sekedar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, lebih dari itu juga untuk memangkas angka gini rasio agar tidak melebar jauh. Salah satu bentuk dukung Kementerian Koperasi dan UKM terhadap pelaku usaha yakni dengan memberikan akses pembiayaan.

“Kita sudah memberikan UKM ini akses pembiayaan, menurunkan bunga KUR misalnya dari 22 persen menjadi 12 persen, tahun depan 9 persen. Juga penurunan bunga LPDB sekarang 0,3 persen untuk KSP dan untuk sektor ril 0,2 persen per bulan,” papar Puspayoga.

Kemenkop dan UKM menggelar SMESCO Festival ke-13 tahun 2015. Event ini juga merupakan ekspose puncak prestasi pemberdayaan KUKM yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, lintas kementerian dan lembaga yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun sejak 2003

SMESCO Festival resmi dibuka pada 1 s/d 4 Oktober 2015 di Hall A-B Jakarta Convention Center. Peserta ditargetkan berjumlah 780 yang berasal Koperasi, UKM, Mitra Usaha UKM, Asosiasi dan Kementerian terkait. Sedangkan total transaksi diharapkan bisa mencapai Rp 25 miliar dari 21 ribu pengunjung. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.