Minggu, 22 September 19

Menkop Minta ICSB Fokus Kembangkan Sektor Ekspor

Menkop Minta ICSB Fokus Kembangkan Sektor Ekspor
* Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, membuka Rapat Kerja Nasional Khusus Internasional Council For Small Business Indonesia di Denpasar, Bali (23/8/2019). (Foto: dok Kemenkop dan UKM)

Denpasar, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga meminta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia fokus mengembangkan sektor ekspor guna memdorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Untuk diketahui pada kuartal kedua 2019 pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,05 persen dari target 5,4 persen pada tahun 2019.

“Saya minta supaya ICSB Indonesia fokus untuk ekspor. Jadi kalau sudah ekspor bisa meningkatkan pertumbuhan. Ada dua sektor, investasi dan ekspor yang bisa meningkatkan pertumbuhan,” kata Puspayoga saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Khusus ICSB Indonesia di Denpasar, Bali, Jumat (23/8/2019).

ICSB merupakan organisasi nonprofit global beranggotakan 85 negara memiliki afiliasi regional di 16 negara, termasuk Indonesia. Dengan memiliki jaringan internasional, Puspayoga meyakini ICSB Indonesia dapat berperan meningkatkan nilai ekspor dalam negeri. Apalagi pemerintah telah memberikan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (Kite).

“Kalau perajin kita bahan bakunya diimpor maka biaya nol. Kalau produksinya di sini jadi, barang lalu kemudian diekspor biayanya juga nol, walaupun ini belum berjalan maksimal,” papar Menteri asal Bali itu.

Puspayoga merupakan salah satu inisiator berdirinya ICSB Indonesia bersama Presiden MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya. Keduanya pernah diundang ke markas PBB di Washington, Amerika yang menjadi kantor pusat ICSB Dunia untuk menyampaikan proposal pendirian ICSB di Indonesia.

Hermawan mengemukakan akan terus mengembangkan ICSB di tanah air untuk mendorong UKM berperan dalam bisnis global. Saat ini ICSB regional sudah terbentuk antara lain di provinsi Jawa Barat, Bangka Belitung, Bali, Banten,  Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara,  Papua dan Sumatera Selatan.

ICSB berfungsi sebagai organisasi payung yang mengintegrasikan kegiatan beragam organisasi dan profesional yang berhubungan langsung dengan bisnis kecil. ICSB Indonesia membantu pengembangan UKM di tanah air bersama empat pilar, yaitu pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan peneliti. 

ICSB Indonesia menggelar Rakernas Khusus di Denpasar Bali pada 23-25 Agustus 2019 dengan agenda utama Policy Maker’s Brief. Rakernas ini diharapkan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi bagi penguatan ekspor oleh pelaku UKM di Indonesia. Selain itu, juga untuk menekankan pentingnya kewirausahaan dalam mendukung pembentukan keluarga mandiri.

“Salah satunya pelobatan Badan Kependudukan dan Keluarga Beremcana Nasional (BKKBN) di dalam strategi ini sangat penting karena dapat mengaitkan penguatan UKM dengan pembentukan keluarga-keluarga yang mandiri secara ekonomi di Indonesia,” kata Hermawan yang juga Chairman ICSB Indonesia.

Untuk mendukung hal tersebut, Raker yang dipimpin oleh Presiden ICSB Indonesia Dr Jacky Mussry dihadiri para pengurus dari berbagai wilayah untuk memberikan pandangan-pandangan terhadap rekomendasi tersebut dan diharapkan dapat diimplementasikan oleh ICSB beserta pemerintah dan lembaga setempat.

Rakernas Khusus ini diselenggarakan sebagai bentuk kolaborasi antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan ICSB Indonesia yang dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Rakernas dibuka oleh Menkop dan UKM Puspayoga, dengan turut dihadiri oleh Presiden ICSB Dunia Ahmed Osman.

Selain itu hadir pula Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, Presiden ICSB Indonesia Dr Jacky Mussry, Wakil Gubernur Bali Tjok Ace , Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Walikota Denpasar Rai Mantra, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Manado Mor Bastian, serta sejumlah pengurus ICSB Indonesia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.