fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Menkop Dukung Forkom KBI Gagas Cooperative Incorporated

Menkop Dukung Forkom KBI Gagas Cooperative Incorporated
* Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga saat menggelar pertemuan dengan perwakilan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia di Denpasar, Bali. (Foto: dok Kemenkop UKM)

Denpasar, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM AAGN Puspayoga memberikan respons positif terhadap gagasan Forum Komunikasi Koperasi Besar Indonesia (Forkom KBI) membentuk Cooperative Incorporated.  Gagasan itu bakal mengubah citra perkoperasian sebagai entitas bisnis yang pantas bersanding dengan pelaku ekonomi lainnya.  

“Saya dukung gagasan besar dan sekaligus ide segar Forkom KBI ini, terlebih disaat  iklim perkoperasian kita masih belum kondusif. Tapi tataran ide tersebut harus segera diimplementasikan dalam sebuah kerja konkret,” ujarnya Menkop melalui siaran pers, Rabu (6/2/2019).

Sehari sebelumnya, Menkop melakukan dialog dengan  Forkom KBI di rumahnya, Puri Agung Denpasar guna mendengarkan berbagai gagasan dan program kerja Forkom KBI. Di antaranya gagasan Cooperative Incorporated (CI). 

Pada kesempatan itu Sekjen Forum KBI Irsyad Muchtar menjelaskan CI merupakan upaya menghimpun segenap potensi bisnis koperasi skala besar agar mampu bersaing di percaturan nasional. 

“Selama ini mindset tentang koperasi hanyalah bisnis pinggiran yang terus dihembuskan berbagai kalangan termasuk oleh aparat pemerintah sendiri yang wawasannya tentang koperasi sebagai bisnis besar memang terbatas. Melalui sinergi koperasi besar yang berhimpun dalam Forkom KBI kita ingin tunjukkan bahwa koperasi  juga punya bisnis besar, punya hotel, mal, rumah sakit dan media massa serta bisnis besar lainnya,” ujar Irsyad.  

Sebagai contoh dia menyebutkan sejumlah koperasi penyandang nama besar, seperti Kospin Jasa Pekalongan yang anak usahanya sudah listing di Bursa Efek Jakarta, KSP Sejahtera Bersama Bogor dan Kopdit Keling Kumang dengan bisnis hotel, Primkokas Cilegon yang punya mal, UGT Sidogiri yg sudah memiliki usaha rumah sakit dan perbankan. 

“Cooperative Incorporated akan menyinergikan semua potensi bisnis besar itu dalam skala yang lebih masif,” tandas Irsyad.

Salah satu langkah konkret, dalam pertemuan itu UGT  menawarkan sebidang  tanahnya di bilangan Kebun Jeruk Jakarta Barat untuk usaha bersama. 

“Kita akan tawarkan kepada teman-teman Forkom KBI membangun Indonesia Coop Tower, sebuah gedung bersama yang kita biayai bersama sekaligus sebagai ikon bisnis dan gengsi koperasi Indonesia,” tutur Sekretaris Pengurus KSPPS UGT Sidogiri, Thoha Putra. 

Sejumlah koperasi yang hadir pada kesempatan itu antara lain : Kospin Jasa Pekalongan, Kisel Jakarta, KSP Sejahtera Bersama Bogor Jawa Barat, Kopsyah BMI Tangerang Banten, dan KSPPS UGT Sidogiri Jawa Timur. 

Hadir juga dari KSP Kodanua, KSP CU Pintu Air, KSP CU Obor Mas Maumere NTT,  KSP Makmur Mandiri Bekasi Jabar, Koapgi Tangerang Banten, Tunas Artha Mandiri, Kopelindo, Kopkar Bukopin, Koperasi Setia Budi Malang, Koperasi Kuta Mimba Kuta Bali, serta Koppas Srinadi. (Has)

 

Baca juga:

Menteri Puspayoga Minta Kampus Berperan Aktif Kembangkan Koperasi

Menteri Puspayoga: Koperasi Hadir untuk Netralisir Monopoli

Kemenkop Sebut Koperasi Harus Jadi Wadah Inspirasi Anggotanya

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.