Selasa, 26 Oktober 21

Menkop dan Kang Emil Dorong UKM Berbasis Teknologi

Menkop dan Kang Emil Dorong UKM Berbasis Teknologi

Jakarta, Obsessionnews – Para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM dituntut harus berbasis teknologi agar mampu bersaing di kancah bisnis global. Kalau tidak, bakal terlibas dalam persaingan tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dalam acara Soul of Bandung di ajang Creatifity Day (Galeri Indonesia WOW) di Gedung SME Tower, Jakarta, Minggu (28/2/2016).

“Mau tidak mau, solusi bagi masalah sosial di Indonesia termasuk UKM-nya adalah social technopreneur,” kata Menteri Puspayoga.

Menkop mengapresiasi kiprah UKM Kota Bandung yang sudah memasuki era digital. Diantaranya, dengan melalukan terobosan ijin usaha ditiadakan, cukup memberitahu melalui handphone. Kedua, meluncurkan kredit tanpa agunan Program ‘Melati’ (Melawan Rentenir).

“Kota Bandung juga yang pertama mengisi ajang Creatifity Day di Galeri Indonesia WOW,” katanya.

Untuk memacu kreativitas para UKM, Menkop berharap ajang Creatifity Day rutin dilakukan. “Pemasaran juga harus kreatif seperti dilakukan Bandung dengan merambah restoran-restoran di kota Paris, Prancis‎. Itu promosi efektif bagi produk-produk UKM asal Bandung,” papar Puspayoga.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Bandung Ridwan Kamil menyebutkan terobosan lain dalam mengembangkan UKM di Kota Bandung yakni mendirikan Kreatif Center yang khusus untuk terus memompa semangat kreatif pelaku UKM serta strategi pemasaran lewat program Little Bandung.

“Pertumbuhan ekonomi Kota Bandung mencapai 7,8 persen ditopang oleh kreatifitas para pelaku UKM,” ungkap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Sementara itu, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Kemenkop dan UKM Ahmad Zabadi menjelaskan, event Smesco-Marketeers Creatifity Day ini diperuntukkan bagi para insan kreatif dan produktif Indonesia.

“Kami sebagai pengelola Galeri Indonesia WOW mengajak kepada seluruh masyarakat dan pihak yang berkepntingan untuk lebih mengenal dekat terhadap produk-produk karya anak bangsa sendiri,” kata Zabadi.

Oleh karena itu, lanjut Zabadi, pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan pemanfaatan seluruh fasilitas yang ada di Galeri Indonesia WOW. “Ajang kali ini menampilkan produk-produk kreatif asal Kota Bandung yang jumlahnya mencapai 100 UKM,” pungkas dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.