Jumat, 25 September 20

Menhan AS Melawan Presiden Trump Picu Kekacauan di ‘Istana’

Menhan AS Melawan Presiden Trump Picu Kekacauan di ‘Istana’
* Presiden Donald Trump dan Wapres Mike Pence di Gedung Putih. (ParsToday)

Anggota Dewan Intelijen Nasional Amewrika Serikat (AS), Paul R. Pillar menilai tindakan Presiden Donald Trump sebagai pemicu utama kekacauan di Gedung Putih.

Pillar dalam wawancara dengan media Mehrnews, Selasa (18/9/2018), mengatakan pendekatan umum Trump adalah pergantian berturut-turut para pejabat pemerintah.

“Orang-orang yang setuju dengan Trump akan meneruskan pekerjaan mereka di Gedung Putih, namun para penentangnya akan meninggalkan tempat itu,” ungkapnya seperti dilansir ParsToday.

Menurut Pillar, penentangan Menteri Pertahanan (Menhan) AS James Mattias terhadap kebijakan Trump semakin memperbesar peluang pemecatannya.

Mattis dilaporkan akan mengundurkan diri dan sekarang dikatakan bahwa Trump sedang berpikir untuk memecat dia.

Trump dan Mattis terlibat perselisihan tajam mengenai sejumlah isu seperti, kebijakan Gedung Putih terhadap NATO, kelanjutan latihan militer dengan Korea Selatan, dan penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran.

Lebih dari 30 pejabat tinggi pemerintah telah dipecat atau mengundurkan diri selama Trump berkuasa di Gedung Putih.

Sarah Sanders

Kalangan Pejabat AS Mengundurkan Diri
Setelah kalangan pejabat Amerika Serikat (AS) yang tidak cocok dengan Presiden Trump mengundurkan, kini mentyusul Juru bicara pemerintah AS, Sarah Sanders mengkofirmasi pengunduran dirinya dari koordinator bidang keamanan cyber presiden AS.

Seperti diwartakan laman The Hill, Jubir pemerintah AS ini dalam statemennya pada Senin (16/4) sore, menyatakan bahwa Rob Joyce, koordinator bidang keamanan cyber Donald Trump akan meninggalkan Dewan Keamanan Nasional dan Gedung Putih.

Sarah Sanders dalam statemennya tidak menyinggung sebab pengunduran diri tersebut. Joyce disebut-sebut akan kembali ke posisinya di Badan Keamanan Nasional AS (NSA).

Berita ini dirilis di saat pekan lalu Tom Bossert, penasihat bidang keamaan nasional presiden Amerika dan atasan Joyce juga mengundurkan diri dari posisinya.

Di sisi lain, media Amerika juga merilis potensi pengunduran diri Kepala Staf Gedung Putih John Kelly. Dengan demikian setelah satu tahun berkuasanya Donald Trump, berita pengunduran diri dan pencopotan pejabat di pemerintahannya terus berlanjut. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.