Senin, 18 Oktober 21

Mengenal Warna-Warni Cinderamata di Souk, Dubai

Jakarta, Obsessionnews.com – Eksotis negara Dubai sudah tak rahasia lagi. Aktivitas pengunjung tak pernah padam. Dari sebagai tempat transit pesawat di belahan dunia hingga wisatawan mancanegara yang begitu betah singgah di negara yang memiliki Burj Khalifa, sebuah menara tertinggi di dunia ini.

Tentu selepas berkunjung dari Dubai para pengunjung memikirkan oleh-oleh apa yang pantas untuk dibawa ke negara masing-masing.  Apakah anda sedang mencari oleh-oleh unik dan menarik untuk teman-teman dan keluarga anda di rumah? Mereka pasti sudah banyak memiliki oleh-oleh, seperti gantungan kunci, hiasan bola salju dalam kaca, atau bahkan kaus bertuliskan “I Love (isi nama kota)” dari berbagai kota yang anda lalui?

Eratkan persahabatan anda dengan memberikan hadiah unik bagi orang-orang tersayang saat anda berkunjung ke Dubai, sebuah kota dengan sejuta pesona. Kenali lebih dalam keindahan budaya dan berbagai pasar tradisional Dubai.

Anda pasti diajak ke tempat yang bernama Souk, yaitu lokasi  yang lebih dikenal sebagai pasar bergaya Arab atau bazaar. Anda bisa menemukan semua yang diinginkan di antara para penjual tersebut.

Dalam rilis dari Dubai Tourism yang diterima Obsessionnews.com, Jumat (21/7/2017) menjelaskan berbagai tempat Souk, diantaranya:

Gold Souk

Gold Souk. Dubai (Dok.Expedia).

Gold Souk atau bazzar emas, sebuah pasar tradisional yang paling terkenal dan paling sering dikunjungi di Dubai. Ini merupakan tempat yang menjual emas dengan harga paling murah. Pengunjung akan menjelajahi jalan setapak yang dipenuhi oleh penjual emas.

Tempat ini berlokasi di Deira dekat Stasiun Al Ras. Dengan jam buka Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00 waktu setempat. Sementara Jumat pukul 16.00 – 22.00 waktu Dubai.

Gold Souk menawarkan pengunjung berbagai macam perhiasan, dari kepala hingga kaki. Tak hanya kilauan terbuat dari emas, tersedia juga berbagai pilihan perhiasan yang terbuat dari perak, berlian, dan batu-batuan berharga.

Tips: sebelum membeli emas, pastikan anda mengetahui harga setiap gram emas pada saat itu, karena harga emas mengalami fluktuasi setiap harinya, sama halnya dengan pasar saham. Jika Anda sudah menyukai barang tertentu, jangan takut untuk menawarnya, Anda bisa saja mendapat harga yang lebih murah. Pastikan untuk membelinya menggunakan uang tunai karena besar kemungkinan para penjual akan menurunkan harganya untuk anda. Selalu membeli di toko resmi yang mematuhi peraturan pemerintah.

 

Spice Souk

Spices Souk, Dubai (Dok. memphistours)

Bersiaplah untuk menghirup aroma tajam begitu anda memasuki Spice Souk di Dubai. Tarik napas, karena ada aroma seperti kunyit, mawar, cabai, kayu manis, vanilla, herbal, kacang, dan dupa merasuk dan memanjakan panca indera anda.

Spice Souk berlokasi di Deira, dekat Gold Souk. Dengan jam buka pada Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00 dan Jumat pukul 16.00 – 22.00 waktu setempat.

Beragam rempah-rempah beraroma. Jika anda tidak mengetahui mengenai jenis bumbu-bumbu yang diinginkan, penjual dengan ramah dan senang hati membantu anda mencari aroma dan rasa terbaik. Jangan ragu untuk mencoba beberapa bumbu atau menghirup aroma berbagai buah kering.

Tips: Ketika anda disana, sebaiknya mampir untuk membeli kunyit sebagai oleh-oleh, karena bumbu ini sangatlah mahal di negara lain. Disini juga menjual berbagai macam buah kering, termasuk kurma, yang bisa menjadi oleh-oleh menarik untuk dibawa pulang.

 

Textile Souk

Textile Souk, Dubai. (Dok. Dubai Holidays)

Jika anda seorang pecinta fashion atau tidak, pastikan untuk datang ke Textile Souk. Warna yang cerah dan mencolok terdapat disini. Anda akan melihat bagaimana tempat ini mirip dengan rempah-rempah berwarna-warni di Spice Souk. Menawarkan berbagai macam kain dan warna, rasakan berbagai koleksi dari seluruh dunia yang dikumpulkan dalam pasar ini. Sentuh dan rasakan tekstur velvet, suede, sutra, katun, dan pilih yang Anda suka.

Textile Souk berlokasi di Bur Dubai, dekat Stasiun Bur Dubai Abra. Dengan jam buka Sabtu – Kamis pukul 08.00 – 13.30 dan pukul 16.00 – 21.00 waktu setempat. Sementara hari Jumat tutup.

Tips: Textile Souk ini terkenal dengan selendang pashmina cerah dan sepatu tradisional Arab yang akan disukai oleh kekasih anda. Untuk pria, pasar ini menyediakan dompet kulit dan ikat pinggang dengan berbagai bentuk dan warna. Ketika berbelanja selalu tawar dengan harga lebih murah dan coba untuk membeli banyak barang di satu toko karena pendagangnya akan memberikan lebih banyak diskon.

 

Souk Al Bahar

Souk Al Bahar, Dubai (Dok. wtg-global).

Jika anda malas untuk menjelajah, dan lebih memilih untuk duduk santai sembari meminum secangkir kopi, Souk Al Bahar adalah tempat yang cocok untuk anda. Bahkan anda bisa membeli teko kopi Arab untuk dibawa pulang dan menghidupkan kembali pengalaman anda di Dubai di dalam rumah. Teko kopi klasik ini akan menjadi oleh-oleh yang pas untuk teman dan keluarga Anda yang menyukai kopi.

Souk Al Bahar berlokasi di Downtown Dubai di 1 Sheikh Mohammed bin Rashid Boulevard. Dengan jam buka pada Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 22.00 dan Jumat pukul 14.00 – 22.00 waktu setempat.

Tips: sebagai pasar tradisional yang modern, tempat ini mirip dengan pusat perbelanjaan dimana anda bisa mendapatkan apa saja, termasuk lampu tradisional Arab yang bisa dibawa pulang. Namun hati-hati, lampu ini sangat rapuh dan mungkin susah untuk dibawa pulang. Pilihan yang lebih mudah lainnya adalah coklat berbentuk unta yang menggemaskan. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.