Jumat, 7 Agustus 20

Mengenal 9 Anggota Wantimpres Jokowi

Mengenal 9 Anggota Wantimpres Jokowi

Jakarta – Presiden Joko Widodo resmi melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Kesembilan anggota Wantimpres itu merupakan usulan partai pendukung Jokowi JK. Hanya sebagian kecil berasal dari kalangan profesional.

Pelantikan digelar di Istana Negara dengan dihadiri diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Plt Kapolri Badrodin Haiti.

“Bahwa saya akan setia pada nusa dan bangsa, dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditanggungkan kepada saya oleh jabatan ini,” ujar Presiden Jokowi, saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin (19/1/2015).

Berikut profil sembilan anggota Wantimpres yang akan membantu memberi masukan, pertimbangan dan usulan untuk memperkuat pemerintahan Jokowi hingga lima tahun ke depan :

1. Abdul Malik Fadjar

Prof. Dr. Abdul Malik Fadjar merupakan mantan Menteri Pendidikan pada periode 2001-2004 dan Menteri Agama di Kabinet sebelumnya yaitu periode 1998-1999.

2. Jan Darmadi

Jan Darmadi adalah salah satu pengusaha sukses dan senior pemilik PT Jakarta Setiabudi International Tbk yang bergerak di bidang properti dengan basis bisnis di Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. Jan menjabat sebagai ketua majelis tinggi NasDem.

3. Hasyim Muzadi

Hasyim Muzadi adalah mantan ketua umum Nahdatul Ulama. Ia pernah mendampingi Megawati Soekarnoputri sebagai Wakil Presiden di Pilpres 2004 silam. Namun mereka kalah dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla di putaran kedua.

4. Rusdi Kirana

Rusdi Kirana adalah pendiri maskapai Lion Air. Dia lalu terjun ke dunia politik dengan menjabat wakil ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kini ia termasuk 40 orang terkaya di Indonesia, dengan jumlah kekayaan sebesar US$ 900 juta per 2012.

5. Sidarto Danusubroto

Pria kelahiran Banten 78 tahun lalu itu merupakan purnawirawan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (Irjen). Sidarto terjun ke dunia politik hingga terpilih sebagai anggota DPR RI hingga 2013 dan menjadi bagian fraksi PDIP. Tahun 2013 ia menjabat sebagai ketua MPR RI.

6. Sri Adiningsih

Sri Adiningsih merupakan ekonom dari Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. Ia merupakan lulusan terbaik saat itu. Kini ia bekerja di Bank Danamon Indonesia sejak tahun 2003.

7. Subagyo HS

Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadi Siswoyo merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat periode 1998-1999. Pernah menjadi komandan Paspampres di era Presiden Soeharto dan menjabat Danjen Kopassus. Jabatan sebagi Pangdam Diponegoro, Wakasad dan kemudian KSAD pun pernah diemban.

8. Suharso Monoarfa

Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Perumahan Rakyat pada periode presiden SBY , Suharso Monoarfa merupakan anggota DPR periode 2004-2009 dan 2009-2014. Ia adalah wakil ketua umum PPP.

9. Yusuf Kartanegara

Yusuf Kartanegara adalah Sekjen PKPI, partai pimpinan mantan gubernur DKI Sutiyoso. Yusuf pernah jadi Jamintel Kejagung dan mantan Irjen Dephan. Dia juga seorang purnawirawan jenderal TNI dengan pangkat terakhir letjen. (Has)

Related posts