Rabu, 17 Agustus 22

Mengembalikan Dinasti Romanov ke Rusia Pasca Runtuhnya Soviet

Mengembalikan Dinasti Romanov ke Rusia Pasca Runtuhnya Soviet
* Novel "The Romanov Prophecy". (Foto: m.tokopedia.com)

Oleh: Hendrajit, Pengkaji Geopolitik, dan Direktur Eksekutif Global Institute

Steve Berry, penulis novel The Romanov Prophecy, melakukan riset mendalam tentang Rusia saat menggarap novel ini, sehingga karya ini merupakan kombinasi fakta dan fiksi yang dirangkum secara menarik dan terampil.

Kedua, tokoh utama dalam plot cerita ini, tokoh utama adalah Miles Lord, yang digambarkan merupakan ahli Eropa Timur yang bekerja di sebuah kantor pengacara dan staf divisi internasional. Steve Berry sendiri dalam kehidupan nyata berprofesi sama dengan tokoh rekaannya itu.

Berarti novel ini mau menyampaikan pesan tersirat yang bisa jadi berdasarkan kisah nyata. Meski plot cerita mengenai upaya mengembalikan dinasti Romanov ke Rusia pasca runtuhnya Soviet, tapi kesan saya itu hanya pemantik cerita belaka.

Yaitu bermaksud tersirat mewartakan proses dari belakang layar dari berbagai kekuatan di dalam dan luar Rusia, untuk menata ulang Rusia seraya mengembalikan Rusia ke sumbunya. Setelah 70 tahun berada dalam genggaman komunisme/Leninisme Uni Soviet.

Bahwa dalam plot cerita berkisah mengenai adanya kekuatan siluman di Rusia untuk memunculkan ke panggung seorang keturunan dinasti Romanov, jangan-jangan hanya samaran dari pesan sesungguhnya sang novelis. Bahwa di bawah permukaan, rakyat Rusia sedang mendambakan kebangkitan negaranya namun sesuai dengan budaya dan jatidiri bangsanya. Sehingga mencari figur pemimpin yang merupakan personifikasi hasrat terpendam bangsa Rusia. Maka tampilnya Vladimir Putin sebagai Presiden Rusia jadi masuk akal kalau ditelaah dalam aspek ini.

Segi lain yang menarik adalah dengan menyajikan tokoh sentralnya dari dunia kepengacaraan, si novelis sepertinya mau ngasih tahu kita bahwa kantor pengacara kaliber internasional dan tim divisi hukumnya sering kali dimainkan sebagai kedok dalam menjalankan operasi intelijen di luar negeri. Apalagi kalau law office itu melayani para investor asing di berbagai negara, maka kantor pengacara berikut para tim divisi hukumnya pada kenyataannya merupakan organ tersamar yang sempurna dalam operasi intelijen.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.