Selasa, 9 Agustus 22

Mengejutkan! Tekuk Indonesia 3-0, India Gondol Piala Thomas

Mengejutkan! Tekuk Indonesia 3-0, India Gondol Piala Thomas
* Atlet India Rankireddy-Shetty vs Ahsan-Kevin Sanjaya di final Piala Thomas. (AFP/VOA)

Secara mengejutkan India mencetak sejarah pada Minggu (15/5/2022), dengan memenangkan Piala Thomas untuk pertama kalinya dengan skor kemenangan 3-0 dari juara bertahan, Indonesia, di Bangkok.

Tim India, yang berlaga di final pertama kejuaraan beregu putra, meraih kemenangan saat atlet bulutangkis peringkat ke-11 dunia, Kidambi Srikanth, mengalahkan Jonatan Christie dengan skor 21-15, 23-21.

Indonesia, tim paling sukses pada turnamen yang sebelumnya, tidak bisa mengimbangi tim India — yang dengan gembira menyerbu lapangan menyusul kemenangan Srikanth.

India sudah unggul 2-0, melalui Lakshya Sen yang mengalahkan Anthony Ginting di pertandingan tunggal pertama dan kemudian Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang mengungguli Mohammad Ahsan/Kevin Sukamuljo di nomor ganda putra.

Dengan demikian, India secara resmi keluar menjadi pemenang dalam ajang kompetisi bulutangkis Thomas Cup yang diadakan pada 8-15 Mei di Bangkok, Thailand. Negeri Hindustan itu menang setelah menekuk atlet Indonesia di beberapa game pada ajang final.

Kemenangan India pertama diperoleh oleh pebulutangkis India Lakshya Sen. Sen berhasil mengalahkan jagoan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting. Sen berhasil menang dalam permainan tiga set dengan skor 21-8, 17-21, dan 16-21.

Kemudian, India kembali menang dalam perebutan juara ganda putra melawan Indonesia. Ganda India Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty berhasil unggul dari pasangan Indonesia Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya dengan skor 21-18, 21-23, dan 19-21.

Kekalahan kemudian juga dialami oleh tunggal putra Indonesia lainnya, Jonatan Christie. Jonatan yang biasa disapa Jojo ini, harus mengakui keunggulan Kidambi Srikanth dengan skor 15-21 dan 21-23.

Kemenangan India ini menjadi sejarah baru bagi cabang bulutangkis negara tersebut. Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi pun ikut mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi para atletnya itu.

“Tim bulu tangkis India telah menulis sejarah! Seluruh bangsa sangat gembira dengan India memenangkan Piala Thomas! Selamat kepada tim kami yang telah berprestasi dan harapan terbaik untuk mereka, untuk upaya masa depan mereka. Kemenangan ini akan memotivasi begitu banyak olahragawan yang akan datang,” ujarnya dalam akun Twitter resmi. (VOA/CNBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.