Rabu, 21 April 21

Mengapa Rambut Lebih Cepat Beruban?

Mengapa Rambut Lebih Cepat Beruban?
* [6/3 23.37] ARS: Ilustrasi rambut wanita muda beruban. (Pinterest) [6/3 23.47] ARS: Wanita berjerawat. (Foto: Freepik)

Kulit bukanlah satu-satunya bagian tubuh yang dapat menunjukkan proses penuaan. Rambut pun akan menunjukkan hal yang sama dengan uban.

Setiap orang dapat memiliki uban di waktu-waktu yang berbeda. Bahkan, tidak jarang uban ditemukan pada orang yang masih berusia sangat muda dan belum mengalami proses penuaan pada kulit.

Hal inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang. Mengapa uban bisa muncul lebih dini atau lebih lama pada sebagian orang? Apakah yang memengaruhi munculnya uban?

Dilansir Cosmopolitan.uk, berikut penjelasan pakar seputar uban yang dapat kamu ketahui.

Kapan biasanya perempuan memiliki uban?
” Biasanya, perempuan mulai memiliki uban sekitar usia 30-an. Ketika menginjak usia 50, setengah dari rambutnya akan memutih,” ungkap Madeleine Preston, Ahli Trichologi.

Mengapa seseorang memiliki uban?

” Uban terbentuk dari campuran pigmen rambut normal dan rambut putih. Ketika pigmen normal rambut tidak diproduksi kembali, rambutmu pun akan berubah warna menjadi putih” .

Apakah uban dapat dicegah?
Munculnya uban disebabkan oleh faktor nutrisi, hormonal, stres dan genetik. Genetik menjadi faktor paling besar jika rambutmu lebih cepat beruban.

Umumnya, ras kaukasian memiliki uban lebih cepat. Jika mengalami penyakit tertentu seperti diabetes, anemia pernisiosa atau gangguan tiroid, rambutmu pun bisa lebih cepat beruban.

Namun jika ingin melakukan upaya pencegahan, kamu bisa mengontrol stres, menjaga keseimbangan hormonal serta mencukupi asupan nutrisi harian.

Kamu bisa mengonsumsi telur, ikan atau makanan tinggi protein lainnya untuk menjaga kesehatan rambut. Makanan yang mengandung zat besi, kalsium, seng, vitamin D, B6 dan B12 juga dapat meningkatkan kesehatan rambut. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.