Kamis, 16 September 21

Mengapa Maroko Raih Penghargaan Efisiensi Energi di AS

Mengapa Maroko Raih Penghargaan Efisiensi Energi di AS
* Raja Maroko, Mohammed VI

Washington, Obsessionnews.com – Negara Maroko menerima penghargaan bergengsi dalam sumber energi di Washington, Amerika, Senin (8/5/2017). Ini berkat negara tersebut sangat memperhatikan ketertarikannya dalam mengelola efisiensi energi.

Penghargaan Visioner Efisiensi Energi atau Energy Efficiency Visionary Award diberikan oleh Kateri Callahan, Presiden Aliansi Energy Efficiency Global Forum.

Forum ini memberikan kesempatan unik bagi para pengambil keputusan, pakar, dan peneliti dari berbagai lapisan masyarakat untuk membahas perkembangan efisiensi energi terbaru dan berbagi praktik terbaik dalam menyusun model energi rendah karbon yang efisien.

Selama beberapa tahun terakhir ini forum ini giat untuk mempromosikan efisiensi energi dan dampak positifnya di syarat pembangunan berkelanjutan dan keamanan energi.

Dalam pidato Raja Maroko, Mohammed IV yang dibacakan oleh Duta Besar Maroko untuk Amerika Serikat Lalla Joumala Alaoui, mengatakan visi Maroko untuk pengembangan sosio-ekonomi, efisiensi energi memainkan peran penting dalam meningkatkan hak-hak dasar warga negara, dalam perlindungan lingkungan, dalam pelestarian kesehatan masyarakat, dalam membatasi ketergantungan energi dan dalam merasionalisasi pengeluaran publik.

Penghargaan ini mengukuhkan posisi Kerajaan Maroko sebagai salah satu negara yang berhasil memanfaatkan potensi energi terbarukan mereka dengan mengembangkan pembangkit tenaga surya, peternakan angin dan pembangkit listrik tenaga air, dan dengan memperkenalkan langkah-langkah efisiensi energi di semua sektor utama di ekonomi Maroko.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Maroko akan selesai pada tahun 2020. Ini akan mampu menghasilkan listrik sebesar 580 megawatt; yang cukup untuk mempertenagai jutaan rumah.

Tantangan mendesak bagi dunia kita saat ini tidak begitu banyak untuk menghadapi kekurangan sumber energi untuk memobilisasi investasi yang dibutuhkan di bidang ini. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan infrastruktur energi yang dibutuhkan dan untuk mengembangkan teknologi alternatif.

Untuk alasan ini, Kerajaan Maroko terus berusaha untuk menyesuaikan diri dengan perubahan masa depan, baik untuk memastikan pembangunan ekonomi dan sosial dan untuk memenuhi kebutuhan energinya yang terus berkembang secara berkelanjutan.

“Keamanan pasokan energi, ketersediaan energi, efisiensi energi dan perlindungan lingkungan merupakan fondasi strategi energi negara saya,” ucap Raja.

Hanya beberapa tahun setelah diluncurkan, model energi baru Maroko mulai melunasi saat pembangkit tenaga surya, angin dan hidrolik baru dikembangkan dan serangkaian langkah kebijakan yang bertujuan untuk merasionalisasi konsumsi energi diterapkan.

Saat ini, efisiensi energi, bersama dengan energi terbarukan, menciptakan sebuah revolusi baru di sektor energi karena kemajuan teknologi yang menegaskan kaitan erat antara kedua komponen ini. Mereka harus diintegrasikan dan dipertimbangkan dalam keputusan investasi dan pilihan kebijakan teknologi yang dibuat di semua sektor energi intensif utama, terutama industri, konstruksi, transportasi, penerangan jalan dan pertanian. (Popi)

 

Sumber

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.