Minggu, 7 Maret 21

Mengapa Malaysia Berani Tegas Melawan Israel?

Mengapa Malaysia Berani Tegas Melawan Israel?
* Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad.

Malaysia secara tegas menolak atlet Israel mengikuti kejuaraan renang dunia yang bakal digelar di Malaysia. Pemerintah Malaysia menyatakan tidak akan mengalah atas keputusannya melarang atlet Israel mengikuti kompetisi internasional renang di negara itu.

“Malaysia juga tidak akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi yang melibatkan atlet rezim Zionis di masa depan,” tegas Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah mengatakan dalam pernyataannya, Rabu (16/1/2019), seperti dikutip Pusat Informasi Palestina.

Malaysia sebagai pendukung kuat bangsa Palestina, adalah di antara negara mayoritas Muslim yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Pemerintah Malaysia menolak perenang Israel mengikuti Kejuaraan Renang Para Dunia 2019 di Kuching, Sarawak yang akan berlangsung mulai 29 Juli 2019.

Kabinet Malaysia pekan lalu menegaskan bahwa tidak ada delegasi Israel yang dapat memasuki Malaysia untuk olahraga atau acara lainnya sebagai solidaritas dengan rakyat Palestina. Pasalnya, perjuangan Palestina bukan hanya masalah agama tetapi juga salah satu hak asasi manusia.

Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad mengatakan Komite Paralimpik Internasional dapat menarik hak Malaysia untuk menjadi tuan rumah pada 29 Juli – 4 Agustus 2019. “Jika mereka ingin mencabut hak kejuaraan ini dari Malaysia sekali pun, mereka boleh melakukannya,” tantang PM Malaysia yang kagum dengan keberanian mendiang Presiden Soekarno ini.

Nampaknya, Pemerintah Malaysia memang dengan tegas menolak memberi izin bagi atlet renang Israel untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Para Renang 2019 yang akan digelar diMalaysia. Tak hanya menolak memberi izin kepada atlet Israel, Malaysia bahkan menantang penyelenggara dalam hal ini Komite Olimpiade Internasional (OIC) untuk mencabut status tuan rumah jika Israel memaksa untuk berpartisipasi. “Jika penyelenggara ingin menarik hak Malaysia sebagai tuan rumah, silakan saja dilakukan,” tantang Mahathir, seperti dikutip dari Bernama via Aljazeera, Jumat (11/1/2019).

Bahkan, Mahathir menegaskan, jka tim Israel tetap memaksaa untuk berpartisipasi dalam kejuaraan, maka itu hal yang salah. “Kami tidak akan mengizinkan mereka masuk (ke Malaysia), jika memaksa maka itu penghinaan,” tandas PM Malaysia ini.

Sebelumnya, Komite Olimpik Israel menentang keputusan Malaysia tersebut. Bahkan mereka menekan agar Malaysia mengeluarkan izin masuk bagi para atletnya, mengingat kejuaraan ini sangat penting untuk menyongsong Summer Paralympic Games di Tokyo Jepang tahun depan.

Sikap tegas Malaysia juga disampaikan oleh Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Steven Sim Chee Keong yang menyatakan, pemerintahnya tidak akan pernah memberikan izin bagi para atlet Israel. Sikap negaranya itu berdasarkan pada kebijakan internasional Malaysia yang berkaitan dengan Israel. “Pemerintah tegas dengan sikap ini sebagai protes atas terus berlangsungnya kekejaman Israel terhadap Palestina,” ucap Menteri.

PM Mahathir mengatakan jika tim Israel bersikeras berpartisipasi dalam kejuaraan, itu sama dengan melanggar aturan. Malaysia memberlakukan larangan bagi atlet Israel berkompetisi pada Kejuaraan Para-renang Dunia yang akan berlangsung pada Juli hingga Agustus mendatang. Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan jika tim Israel bersikeras berpartisipasi dalam kejuaraan, itu sama dengan melanggar aturan.

“Kami mempertahankan pendirian kami atas larangan tersebut. Jika mereka datang, itu adalah pelanggaran. Jika mereka ingin menarik hak Malaysia untuk menjadi tuan rumah kejuaraan, mereka dapat melakukannya,” kata Mahathir dalam konferensi pers setelah memimpin rapat anti korupsi.

Mengapa Malaysia secara tegas berani melawan Israel? Ini jelas karena faktor sosok pimpinan puncak Malaysia alias keberanian Perdana Menterinya. Mahathir adalah pemimpin yang didukung rakyatnya karena paham terhadap aspirasi psikologis ummat di Malaysia. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.