Jumat, 3 Februari 23

Mengapa Film Aksi India RRR Bisa Bikin Barat Terpesona?

Mengapa Film Aksi India RRR Bisa Bikin Barat Terpesona?
* RRR dibintangi superstar Telugu Ram Charan dan NT Rama Rao Jr. (BBC)

Sudah 10 bulan sejak film aksi-fantasi RRR diputar di bioskop-bioskop di India, tetapi perbincangan seputar itu belum mereda. Saat film ini naik gelombang popularitasnya ke musim penghargaan Hollywood, Meryl Sebastian dari BBC membongkar mengapa film itu memikat pemirsa di seluruh dunia.

Dikutip BBC, Direktur SS Rajamouli mengatakan bahwa dia membuat RRR terutama untuk orang IndiaIndia, orang yang tinggal di pedesaan dan diaspora.

Namun sejak dirilis, film yang menampilkan bintang berbahasa Telugu Ram Charan dan Jr NTR, dan menceritakan kisah fiksi dua revolusioner India kehidupan nyata yang berperang melawan kekuasaan Inggris – telah mendorong banyak batasan.

Ini telah meraup lebih dari 12 miliar rupee ($ 146,5 juta, £ 120 juta) secara global, menghabiskan berminggu-minggu di 10 teratas di Netflix US dan sekarang memecahkan rekor box-office di Jepang. Itu telah dimasukkan dalam beberapa daftar bergengsi film terbaik tahun 2022, termasuk dari British Film Institute dan National Board of Review di AS.

Minggu lalu Naatu Naatu, nomor musik yang menarik dan bersemangat dari film tersebut, memenangkan penghargaan Golden Globe untuk lagu orisinal terbaik. Minggu ini, lagu dan filmnya menang besar di Critics’ Choice Awards di Los Angeles . Kritikus film BBC Culture Nicholas Barber dan Caryn James memasukkannya ke dalam 20 film teratas tahun 2022 mereka.

Kegembiraan dan keterkejutan Rajamouli atas penerimaan global film tersebut terlihat jelas dalam banyak wawancaranya.

“Ketika kami mulai mendapat apresiasi dari Barat, kami berpikir, ‘Orang-orang ini pasti teman orang India yang pergi menonton film’,” candanya baru-baru ini di acara bincang-bincang AS Late Night with Seth Meyers.

Ketika RRR pertama kali dirilis di AS, itu tidak berbeda dengan film India arus utama lainnya, kata kritikus yang berbasis di New York, Siddhant Adlakha, anggota Lingkaran Kritikus Film New York yang memilih Rajamouli sebagai sutradara terbaik pada bulan Desember.

“Pada akhir pekan pembukaan, sebagian besar penontonnya orang India,” kata Adlakha. “Tapi beberapa minggu kemudian, demografi telah berubah total.”

Berita tentang film tersebut menyebar ketika orang-orang berbondong-bondong untuk menontonnya di bioskop, para kritikus menulis sambutan hangat dan sutradara Hollywood papan atas – termasuk Anthony dan Joe Russo, Edgar Wright, Scott Derrickson dan James Gunn – memujinya.

Distributor Amerika mengatakan mereka memutar film tersebut setelah melihat tanggapan publik yang antusias terhadap film tersebut.

Penerimaan ini “berbeda dari film [India] mana pun dalam ingatan baru-baru ini”, kata Adlakha.

Video media sosial dari pemutaran menunjukkan orang-orang bersorak dan bersorak saat menonton film. Energi riuh yang dipamerkan – yang umum untuk film dengan superstar di bioskop India – adalah pemandangan langka di AS.

Pada pemutaran yang dipandu oleh sutradara JJ Abrams di Teater Tiongkok yang ikonik di Los Angeles, orang-orang bergegas ke panggung untuk menari Naatu Naatu.

“RRR adalah semacam memperkenalkan penonton, dan bahkan pembuat film di sini, ke jenis ritual menonton film yang berbeda, yang mungkin tidak biasa mereka lakukan – yang sebagian menjadi alasan pembuat film Hollywood tertarik padanya,” kata Adlakha.

Sementara penceritaan film dan eksekusi yang percaya diri telah menarik penonton, waktunya juga membantu.

“RRR keras, kurang ajar, berlebihan. Ini adalah film yang ditunggu-tunggu orang untuk kembali menonton – di bioskop, atau bahkan di rumah di Netflix,” kata Elaine Lui, pembawa acara TV dan pendiri berita hiburan situs LaineyGossip.

Meskipun RRR bukan entri resmi India untuk Oscar – ia kalah dari film berbahasa Gujarat Chello Show – hype di sekitarnya telah menempatkannya dengan kuat dalam pencalonan nominasi, dengan dukungan dari sejumlah sutradara dan bintang Hollywood yang telah menelepon. itu sebuah “ledakan mutlak”.

Majalah perdagangan Variasi memperkirakan film tersebut dapat dinominasikan dalam kategori termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Lagu Asli Terbaik.

Keputusan pembuat untuk tidak mengirimkan RRR dalam kategori film internasional tetapi secara ambisius melawan kelas berat Hollywood “membuat orang duduk dan memperhatikan”, kata Lui.

“Dalam industri, ‘buzz’ adalah masalah besar,” kata Lui. Dan RRR telah menjadi bagian dari perbincangan tentang watercooler. “Semua orang di akhir pekan, atau di pesta sekarang mengatakan, ‘Apakah Anda melihat RRR?'”

Bagi banyak orang di Barat, film ini terasa baru dan menarik karena box office AS didominasi oleh franchise seperti Marvel Cinematic Universe dan Fast & Furious dalam beberapa tahun terakhir.

“Ketika blockbuster di sini bisa sangat sinis atau lidah di pipi, atau ketika mereka bergejolak seperti produk pabrik tanpa terlalu peduli dengan gambar yang bergerak, sebuah film yang tulus dan dibuat dengan baik seperti RRR pada akhirnya pasti akan pecah. ,” kata Adlakha.

Dan dengan gaya Rajamouli yang sebenarnya, RRR menyajikan gambar-gambar spektakuler, berbagai set piece yang luar biasa, dan penceritaan yang imajinatif untuk memberikan pengalaman sinematik yang unik.

Salah satu adegan menonjol dalam film tersebut – saat para pahlawan pertama kali bertemu – memperlihatkan mereka menunggang kuda dan sepeda motor sebelum mereka mendorong diri mereka sendiri dari jembatan untuk menyelamatkan seorang anak yang terjebak dalam api.

“Penonton Amerika umumnya tidak terbiasa dengan tontonan maksimalis semacam ini,” kata Adlakha, menambahkan bahwa film tersebut “disatukan dengan baik” sehingga dapat bekerja dengan orang-orang “dari latar belakang budaya apa pun”.

Ini juga mewakili apa yang diharapkan orang di luar India dari film Bollywood dan Tollywood (Telugu) – merangsang secara visual, banyak orang, banyak aksi, ambisius – tetapi “tanpa klise”, kata Lui. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.