Jumat, 5 Juni 20

Mengapa Baru Sekarang Jokowi Melarang WNA Masuk ke Indonesia?

Mengapa Baru Sekarang Jokowi Melarang WNA Masuk ke Indonesia?
* Presiden Jokowi. (Foto: Setneg)

Jakarta, Obsessionnews.com – Setelah virus corona menyebar ke sejumlah daerah Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru memutuskan melarang warga negara asing (WNI) untuk berkunjung ataupun transit di wilayah Indonesia. Hal ini demi mencegah penyebaran COVID-19.

Mengapa Jokowi menerapkan kebijakan itu jauh sebelum virus corona ini menyebar luas ke semua wilayah. Publik sudah menyaksikan bagaimana Tenaga Kerja Asing asal China belum lama ini mendarat di Bandar Udara Kendari, Sulawesi Tenggara. Kedatangan TKA asal China membuat masyarakat resah karena takut virus semakin meluas.

Kabar larangan WNA masuk ke Indonesia disampaikan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dalam konferensi pers, Selasa (31/3/2020). Ia menyebut Presiden sudah memperketat aturan tentang perjalanan lalu lintas bagi warga asing.

“Presiden sudah memutuskan bahwa kebijakan yang ada selama ini perlu diperkuat, jadi saya ulangi kebijakan yang sudah ada perlu diperkuat dan telah diputuskan bahwa semua kunjungan dan transit warga negara asing ke wilayah Indonesia untuk sementara akan dihentikan,” kata Retno.

Namun, Retno mengatakan ada pengecualian dalam pelarangan itu. Di antaranya WNA pemegang kartu izin tinggal terbatas (kitas) hingga izin tinggal diplomatik.

“Tentunya, larangan masuk ini ada beberapa pengecualian, termasuk di antaranya adalah untuk pemegang kartu kitas, kitap (kartu izin tinggal tetap), untuk pemegang izin tinggal diplomatik, pemegang izin tinggal dinas dan lain-lain dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang tepat dan yang berlaku,” ujarnya.

Retno melanjutkan kebijakan pelarangan ini akan diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM yang baru.

“Jadi sekali lagi ada pengecualian tetapi secara umum maka semua kunjungan dan transit WNA ke wilayah Indonesia sementara akan dihentikan. Nah detail dari dari kebijakan ini akan disampaikan pada kesempatan yang tersisa, dan kebijakan baru akan dituangkan dalam Permenkumham yang baru,” tuturnya.

Soal lambatnya pemerintah dalam mengatur lalu lintas perjalanan bagi para WNA juga mendapat sindiran dari presenter Deddy Corbuzier. Saat banyak negara menutup diri untuk menghambat penyebaran virus corona. Indonesia justru terlihat masih sangat bebas.

Deddy pun kesal. Ia membuat cuitan yang menghebohkan media sosial. Melalui Twitter, dia mengungkap bahwa masih banyak warga negara asing yang datang ke Indonesia. Sementara pemerintah menyuruh diam di rumah.

“Anw….Kita di suruh #dirumahaja tapi WNA masih bisa masuk Indonesia.bandara masih dibuka… Lah.. Gue ke Mall neh!!! (emoji tertawa),” tulis Deddy pada Minggu 29 Maret 2020.

Deddy juga mengunggah tangkapan layar kicauan itu ke Instagram. Sehingga, banyak pengguna media sosial yang turut berkomentar, termasuk sang kekasih, Sabrina Chairunnisa.

“Pagi ini ada pesawat landing dari sing, tokyo… bahkan ada garuda dari amsterdam… MANTAPS,” tulis Sabrina lewat akun @sabrinachairunnisa_.

“Kita disuruh karantina lokal… masuk ke suatu daerah dicap ODP.. org asing masuk cuma ditanya suhu sama sehat gak.,” tulis akun @enso333.

“Perasaan kemaren ada kabar bahwa WNA dilarang masuk dari berbagai negara ke Indonesia ? Hoax kali ya,” komentar akun @rizki.ffauzi.

Baru tiga jam diunggah, posting ini mendapat banyak komentar. Selain itu, juga sudah Like lebih dari 168 ribu pengguna Instagram. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.